Kamis 31 Dec 2020 11:11 WIB

Abu Paolo Rossi Disimpan di Guci Berbentuk Trofi Piala Dunia

Nama Paolo Rossi melegenda di Italia sebagai pahlawan Gli Azzurri di Piala Dunia1982.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Penghormatan untuk Paolo Rossi.
Foto: EPA-EFE/Valeriano di Domenico
Penghormatan untuk Paolo Rossi.

REPUBLIKA.CO.ID, PRATO -- Legenda Italia Paolo Rossi akan selamanya dikenang dengan trofi Piala Dunia di tangannya dan sekarang dia akan beristirahat selamanya di dalam guci berbentuk seperti Piala Dunia. Striker tersebut meninggal karena sakit yang lama pada usia 64 tahun pada 9 Desember 2020. Setelah pemakaman di kota angkatnya, Vicenza, sekarang sedang diadakan upacara lain di rumahnya di Prato, mengutip dari Football Italia, Kamis (31/12). 

Istri Federica dan dua putri mereka hadir, bersama dengan putra yang dia miliki dari pernikahan pertamanya dan saudara laki-lakinya Rossano. Mantan rekan setim Giancarlo Antognoni dan Giovanni Galli juga hadir di Katedral. 

Rossi dikremasi di Vicenza dan abunya ditempatkan di dalam guci berbentuk seperti trofi Piala Dunia yang dia menangkan bersama Italia pada 1982. Rossi memenangi dua gelar Serie A, satu Piala Eropa dan satu Coppa Italia selama empat tahun di Juve, tetapi waktunya untuk tim nasionallah yang paling dikenang, karena enam golnya membawa Italia meraih kemenangan di Spanyol 38 tahun lalu. 

Rossi mencetak total 20 gol untuk tim nasional Italia dari 1977-1986, dengan penampilannya di tahap final Piala Dunia '82 menempatkannya dalam cerita rakyat Italia. 

Dia mencetak hat-trick dalam kemenangan 3-2 yang terkenal melawan Brasil, mencetak kedua gol dalam kemenangan semifinal 2-0 melawan Polandia dan mencetak gol pembuka dalam kemenangan final 3-1 melawan Jerman Barat di Madrid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement