Kamis 31 Dec 2020 08:51 WIB

Ingatkan Prokes, WHO: Vaksinasi Semua Orang Butuh Waktu

Saat ini dunia sudah mencatat 82 juta infeksi Covid-19

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Direktur Jenderal World Health Organization (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus
Foto: AP
Direktur Jenderal World Health Organization (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA--  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan butuh waktu untuk memvaksin semua orang di dunia. Karena itu, WHO mendesak semua pihak tetap menjalankan langkah-langkah yang telah dicoba dan uji untuk menahan laju penyebaran virus corona.

Direktur Jenderal WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus merilis video pernyataan satu hari menjelang satu tahun klaster pertama 'pneumonia misterius' dilaporkan. Penyakit yang kemudian disebut virus corona baru, SARS-CoV-2 yang menyebabkan pandemi Covid-19.

Baca Juga

Pada 31 Desember tahun lalu, tidak ada kasus Covid-19 di luar China. Tapi saat ini lebih dari 82 juta lebih kasus infeksi dan 1,5 juta kasus kematian.

"Vaksin memberikan harapan besar untuk membalikkan gelombang pandemi, ada cahaya diujung terowongan," kata Tedros seperti dikutip Daily Sabah, Kamis (31/12).

Ia mengatakan untuk melindungi semua orang, dunia harus memastikan memvaksin kelompok rentan di mana pun di seluruh dunia. Tidak hanya negara-negara yang mampu melakukannya.

"Butuh waktu bagi semua orang untuk memvaksin semua orang dengan vaksin Covid-19, kami harus mematuhi langkah-langkah yang sudah di coba dan uji untuk menjaga agar semua tetap aman," kata Tedros.

"Artinya menjaga jarak, memakai masker, menjaga kebersihaan udara dan tangan," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement