Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Sunnah Cuci Tangan Setelah Bangun Tidur

Kamis 31 Dec 2020 08:03 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Sunnah Cuci Tangan Setelah Bangun Tidur.

Sunnah Cuci Tangan Setelah Bangun Tidur.

Foto: www.freepik.com
Rasulullah mengajarkan melakukannya sebelum mengambil wudhu sehabis bangun tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencuci tangan setelah bangun tidur ternyata merupakan salah satu sunnah yang diajarkan Rasulullah. Mencuci tangan setelah bangun tidur menjadi sangat penting, bahkan Rasulullah mengajarkan melakukannya sebelum mengambil wudhu sehabis bangun tidur.

Sebab ketika dalam posisi tidur, seseorang tidak akan menyadari letak posisi tangannya. Sehingga dengan langsung mencuci tangan sehabis bangun tidur, dapat membersihkan tangan dari kuman, kotoran, atau bahkan benda najis sekali pun yang mungkin terpegang tangan ketika tertidur. 

Keterangan tentang ajaran Rasulullah mencuci tangan setelah bangun tidur ini dapat ditemukan dalam Sunan Nasai, pembahasan thaharah nomor 1. Berikut redaksi lengkap haditsnya. 

Baca Juga

أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا اسْتَيْقَظَ أَحَدُكُمْ مِنْ نَوْمِهِ فَلَا يَغْمِسْ يَدَهُ فِي وَضُوئِهِ حَتَّى يَغْسِلَهَا ثَلَاثًا فَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَا يَدْرِي أَيْنَ بَاتَتْ يَدُهُ

Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah dia berkata telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Az Zuhri dari Abu Salamah dari Abu Hurairah, Nabi bersabda: "Apabila salah seorang dari kalian bangun dari tidurnya, jangan mencelupkan tangannya ke tempat wudhunya sehingga dia mencuci tangannya sebanyak tiga kali, karena salah seorang dari kalian tidak tahu di mana tangannya bermalam."

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA