Rabu 30 Dec 2020 23:57 WIB

Pertamina Siagakan Agen-Agen Elpiji di Sulut

Pertamina menyebut akan menyiagakan 45 agen PSO dan 1.132 pangkalan PSO Siaga

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- PT Pertamina menyiagakan ribuan agen serta pangkalan elpiji guna menjamin pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap bahan bakar tersebut aman selama libur tahun baru di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Provinsi Sulawesi Utara akan disiagakan 45 Agen PSO Siaga, tujuh Agen Non-PSO Siaga dan 1.132 Pangkalan PSO Siaga," kata Unit Manager Comm, Rel & CSR MOR VII PT Pertamina, Laode Syarifuddin Mursali, di Manado, Rabu.

Dia mengharapkan dengan banyaknya agen dan pangkalan elpiji maka kebutuhan masyarakat Sulut bisa terpenuhi.

Memasuki libur Tahun Baru, Pertamina menjamin pasokan elpiji aman bagi masyarakat di Sulawesi. Lebih dari 4.500 lembaga penyalur resmi elpiji Pertamina mulai dari SPBE, agen, hingga pangkalan tetap beroperasi untuk memenuhi tingginya permintaan kebutuhan masyarakat menjelang libur Tahun Baru yang disiagakan selama periode Satgas Nataru sejak 7 Desember 2020-10 Januari 2021, tanpa mengenal hari libur.

Ia mengatakan dioperasikannya Agen dan Pangkalan Siaga selama Satgas Nataru ini merupakan bentuk nyata Pertamina sebagai BUMN dalam menjalankan amanat UU No. 30 Tahun 2007, di mana Pertamina salah satunya harus mampu memberikan ketersediaan energi availability untuk masyarakat.

“Tentunya jelang libur panjang Tahun Baru, permintaan akan kebutuhan LPG ini diprediksi akan tinggi. Selama tanggal 7-28 Desember kemarin, konsumsi elpiji meningkat 5,6 persen dari konsumsi normal 1.751 metrik ton," katanya.

Sejumlah strategi di antaranya menyiagakan 280 Agen PSO, 65 Agen Non-PSO dan 4.162 Pangkalan PSO Siaga di Sulawesi merupakan bentuk pelayanan yang disiapkan secara total untuk masyarakat.

Selain itu, strategi seperti penambahan fakultatif elpiji dari awal masa satgas telah dilakukan dengan menambah empat persen dari konsumsi normal selama empat hari kerja, masing-masing pada 9, 24, 25, dan 31 Desember dengan total lebih dari dua juta tabung.

Lebih lanjut Laode mengatakan adanya prediksi konsumsi yang tinggi untuk tempat wisata yang diperkirakan ramai dikunjungi saat libur Tahun Baru sudah diantisipasi oleh Pertamina, selain kebutuhan penggunaan elpiji untuk konsumsi rumah tangga.

“Khusus untuk distribusi elpiji, Pertamina telah menyiagakan juga 42 SPBBE (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji) dan menyiagakan 16 titik SPBBE Kantong. Jadi kami pastikan pasokan LPG aman selama libur Tahun Baru,” jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement