Rabu 30 Dec 2020 21:03 WIB

Lama Tak Terdengar, Pendiri YouTube Ternyata Banting Setir Rintis Startup Hedge Fund

Lama Tak Terdengar, Pendiri YouTube Ternyata Banting Setir Rintis Startup Hedge Fund.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Lama Tak Terdengar, Pendiri YouTube Ternyata Banting Setir Rintis Startup Hedge Fund. (FOTO: Twitter/Tagar)
Lama Tak Terdengar, Pendiri YouTube Ternyata Banting Setir Rintis Startup Hedge Fund. (FOTO: Twitter/Tagar)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Salah satu pendiri YouTube, Steve Chen telah bermitra dengan manajer keuangan veteran Jack Fu untuk meluncurkan hedge fund yang mengambil saham dan aset pendapatan tetap melalui kecerdasan buatan.

Startup bernama Draco Capital Macro Quant Fund ini telah mengumpulkan USD50 juta dengan target $USD200 juta pada akhir 2021. Dana yang memulai debutnya pada bulan September menggunakan algoritma AI ini dapat mengukur aset mana yang ideal untuk pasar bullish dan bearish.

"Ini menggunakan banyak AI dan pemrosesan data besar yang digunakan di perusahaan tempat saya bekerja dan bahkan memberi nasihat di Silicon Valley,” kata Chen sebagaimana dikutip dari Forbes di Jakarta, Rabu (30/12/2020).

Baca Juga: Resesi Malah Kerek Kekayaan Miliarder Australia hingga 50%, Kritikus: Kesenjangan Semakin Nyata!

"Hal ini dapat membebani perusahaan teknologi besar, seperti Apple dan Microsoft, dalam pasar bullish, sementara lebih fokus pada aset defensif, seperti emas dan treasury jangka panjang, di pasar yang bearish." lanjutnya.

Proses dana "investasi sistematis" menambah akurasi dalam pengambilan keputusan. Chen menambahkan bahwa itu berarti menggabungkan analisis ekonomi dan logika investasi dengan algoritme komputer untuk membuat pengambilan keputusan yang digerakkan oleh AI. Dengan demikian dapat mengurangi risiko penurunan.

Chen bertemu dengan partner hedge fund ini tahun lalu, dan mengetahui bahwa Jack Fu tahu cara menggunakan data besar secara efektif untuk mengelola investasi.

“Ini memicu motivasi saya untuk menerapkan latar belakang profesional saya di bidang keuangan,” kata Chen.

Para mitranya saat ini bekerja sama di dana yang terdaftar di Delaware sebagai pemilik bersama Draco Capital Partners, yang dimulai Fu pada tahun 2015. Mereka adalah dua investor utama dana tersebut. Fu, seorang profesional manajemen investasi karir yang sekarang berbasis di Taiwan dan telah berpengalaman menjalankan hedge fund sebelumnya. Saat ini dia memimpin sekelompok analis, ilmuwan data, dan insinyur komputer.

“Kami dapat memprediksi pasar dengan indikator utama kami sendiri dan menyesuaikan kepemilikan kami,” kata Fu.

Chen mendirikan YouTube bersama mantan rekan PayPal Chad Hurley dan Jawed Karim pada tahun 2005. Chen kemudian menjadi wirausahawan di Google Ventures dari 2014 hingga 2018, dan kembali ke Taiwan pada 2019 untuk membantu startup di Taiwan.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement