Rabu 30 Dec 2020 20:47 WIB

Menag Minta PTKI Konsisten Tingkatkan Capaian dan Prestasi

Menag mendorong PTKI meningkatkan prestasi dan mutu

Menteri Agama KH Yaqut Cholil Qoumas menyerahkan apresiasi ke perwakilan perguruan tinggi keagamaan Islam dalam ADIKTIS 2020
Foto: Dok Istimewa
Menteri Agama KH Yaqut Cholil Qoumas menyerahkan apresiasi ke perwakilan perguruan tinggi keagamaan Islam dalam ADIKTIS 2020

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—  Menteri Agama RI, KH Yaqut Cholil Qoumas, meminta perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) mampu secara konsisten menunjukkan kemampuannya dalam bidang akademik.

Pernyataan ini disampaikan dalam Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (ADIKTIS) Tahun 2020 yang digelar di Grand Mercure Hotel, Jakarta, Rabu 30 Desember 2020. Perhelatan ini digelar Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ditjen Pendidikan Islam memberikan apresiasi kepada perguruan tinggi yang berprestasi.   

Baca Juga

"Melalui penghargaan ini kami berharap PTKI telah berhasil menunjukkan kemampuannya secara terus menerus di bidang akademik, ditunjukkan dengan laiharnya banyak profesor dan peningkatan karya-karya intelektual, di bidang mutu dan daya saing, ditunjukkan dengan mutu dan akreditasi prodi yang mumpuni baik secara nasional maupun internasional," ujar Menag yang akrab disapa Gus Menteri ini. 

Lebih lanjut Menag menjelaskan, berbagai prestasi yang patut diberikan apresiasi diantaranya yakni di bidang kemahasiswaan, ditunjukkan dengan prestasi-prestasi yang mampu ditunjukkan oleh Mahasiswa PTKI di kancah internasional, dan PTKI menjadi wadah bersemainya mahasiswa-mahasiswa yang datang dari seluruh penjuru dunia untuk belajar di Indonesia. "Pada saat yang sama, dalam hal transparansi ditunjukkan dengan predikat WBK (wilayah bebas korupsi)," tandasnya. 

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Prof M Ali Ramdhani, menuturkan dirinya mengapresiasi deretan PTKI yang memperoleh apresiasi pada ADIKTIS tahun ini, kendati kiprah PTKI dalam berbagai bidang tidak hanya dapat dinilai dari apresiasi yang diperoleh, melainkan masih banyak hal yang perlu diberikan apresiasi guna memacu semangat PTKI dalam memajukan pendidikan bangsa baik secara nasional maupun di kancah internasional. 

"Sesungguhnya 15 kategori ini memang tidak menjadi cukup, beberapa torehan yang menjadi catatan penting bahwa kiprah perguruan tinggi keagamaan islam ini menyapa, memediasi seperti apa yang diamanatkan pak menteri tentang moderasi beragama,” ujar dia.   

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Prof Suyitno, menjelaskan ADIKTIS merupakan upaya pengakuan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama guna memberikan apresiasi bahwa PTKI selama iini telah bekerja keras dalam meningkatkan kualitas.

"PTKI sudah bekerja keras, sudah berpayah-payah, berdarah-darah. Kita tahu di lapangan seperti apa, sehingga kita memberikan apresiasi yang sifatnya seremonial, memang belum ada apa-apanya, tetapi percayalah bahwa ini adalah bentuk rekognisi, pengakuan bahwa anda sudah luar biasa bekerja, kendati masih banyak yang harus diperhatikan oleh pemerintah," tutur Prof Suyitno. Berikut ini peraih apresiasi ADIKTIS 2020: 

1. PTKI BLU Terbaik : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

2. PTKI dengan pelaporan PD dikti terbaik : UIN Ar-Raniry Aceh

3. PTKI dengan tata kelola SBSN terbaik 5 tahun terakhir: UIN Sunan Gunung Jati Bandung

4. PTKI dengan skor green campus tertinggi: UIN Raden Intan Lampung

5. PTKIS dengan layanan rintisan smart campus : IAI Bunga Bangsa Cirebon

6. PTKI dengan Predikat WBK : IAIN Salatiga

7. PTKI dengan perpustakaan berjejaring internasional : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

8. PTKI dengan presentase akreditasi prodi A/unggul terbanyak : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

9. PTKI dengan prodi bersertifikat AUN-QA terbanyak : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

10. PTKI dengan profesor terbanyak : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

11. PTKI dengan mahasiswa asing terbanyak : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

12. PTKI dengan mahasiswa berprestasi internasional terbanyak : UIN Walisongo Semarang

13. PTKI dengan pemilik hak kekayaan intelektual (HaKI) terbanyak: UIN Sunan Gunung Jati Bandung

14. PTKI pemilik jurnal bereputasi terbanyak : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

15. PTKI dengan rintisan service learning dalam pengabdian kepada masyarakat yang inovatif: UIN Alauddin Makassar    

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement