Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Muslim Pertama Dilantik Jadi Badan Legislatif Wisconsin

Rabu 30 Dec 2020 19:50 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah

Samba Baldeh, Muslim kulit hitam untuk kali pertama jadi anggota Legislatif Wisconsin

Samba Baldeh, Muslim kulit hitam untuk kali pertama jadi anggota Legislatif Wisconsin

Foto: Dok Istimewa
Muslim kulit hitam untuk kali pertama jadi anggota Legislatif Wisconsin

REPUBLIKA.CO.ID, MADISON –  Samba Baldeh telah dilantik sebagai anggota Muslim pertama dari Badan Legislatif Wisconsin dan orang kulit hitam pertama yang mewakili Dane County di badan legislatif. 

Baldeh berasal dari Gambia, Afrika Barat. Dia berasal dari partai Demokrat dan anggota terpilih dari Majelis Negara Bagian Wisconsin untuk distrik majelis ke-48 yang terdiri dari setengah timur laut kota Madison.

Baca Juga

Sebelum pemilihannya, Baldeh telah menjabat enam tahun di Dewan Kota Madison dan menjadi presiden Dewan Kota dari 2018 hingga 2019. TMJ4 melaporkan dia pertama kali mendengar tentang Wisconsin selama konferensi di Washington DC. “Sulit untuk mengucapkannya. Saya bahkan tidak tahu hal seperti itu ada,” kata Baldeh, dilansir About Islam, Rabu (30/12).

Agenda pekerjaannya dipadati dengan persoalan pandemi, pengangguran, kesenjangan perumahan, kriminal dan reformasi pendidikan. "Saya melakukan pekerjaan orang-orang. Saya memberikan yang terbaik dan berharap hasil terbaik,” ucap dia.

Muslim Amerika telah membuat sejarah tahun ini di seluruh negeri dengan rekor jumlah dari mereka yang bersaing dan memenangkan kursi untuk pertama kalinya. 

Menurut Jetpac, sebuah organisasi yang digerakkan oleh representasi yang melatih Muslim Amerika untuk mencalonkan diri, Council on American-Islamic Relations (CAIR) dan MPower Change, organisasi keadilan sosial dan ras yang dipimpin Muslim terbesar di Amerika Serikat, rekor jumlah calon Muslim 110 dalam pemungutan suara dalam pemilihan tahun ini di 24 negara bagian. 

Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi sejak ketiga organisasi tersebut mulai memetakan kemajuan elektoral politisi yang diidentifikasi sebagai Muslim.

Sumber:  https://aboutislam.net/muslim-issues/n-america/first-muslim-sworn-into-wisconsin-legislature/

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA