Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

6 Kesalahan Saat Membersihkan Mesin Pembuat Kopi

Rabu 30 Dec 2020 19:34 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti

Mesin pembuat kopi (ilustrasi).

Mesin pembuat kopi (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Mencuci mesin pembuat kopi tidak cukup hanya dengan air dan sabun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membersihkan mesin pembuat kopi dengan cara yang kurang tepat bisa berdampak langsung pada hasil akhir rasa kopi yang diseduh. Tidak bisa hanya mencuci dengan air dan sabun, mesti ada perlakuan khusus untuk mesin tersebut.

Para pakar kopi dan ahli kebersihan merangkum sejumlah kesalahan yang biasa dilakukan pencinta kopi ketika membersihkan mesin pembuat kopi di rumah. Berikut enam di antaranya, seperti dilansir di laman Well and Good, Rabu (30/12).

1. Hanya membersihkan carafe

Bagian carafe atau wadah teko portabel pada mesin pembuat kopi memang yang paling mudah dibersihkan. Tapi, bukan cuma bagian ini yang harus dicuci. Setiap bagian yang bisa dilepas harus direndam dengan air hangat bersabun selama 15 menit.

2. Carafe tidak bersih

Carafe yang tidak dibersihkan dengan saksama bisa meninggalkan noda dan sisa kandungan mineral, bahkan jadi sarang jamur dan bakteri. Gunakan soda kue atau cuka untuk menghilangkan noda, lalu letakkan terbalik sampai benar-benar kering.

3. Mesin luput dari pembersihan

Area mesin harus dibersihkan secara teratur untuk mencegahnya berkerak, juga mengempaskan penumpukan mineral berlebih. Caranya cukup mudah, hanya dengan campuran air dan cuka, atau memakai bubuk pembersih, sedikitnya satu bulan sekali.

4. Pakai spons metal

Spons metal memang serbaguna, tapi memakainya untuk mesin kopi adalah kesalahan besar. Alat pembersih ini bisa menggores dan merusak permukaan mesin pembuat kopi. Manajer Emily's Maids, Abe Navas, menyarankan pembersih lain yang lebih lembut.

5. Lupa memeriksa filter

Penyaring atau filter merupakan tempat lalu-lintas tertinggi dari keseluruhan mesin. Memakai mesin kopi dengan filter penuh kotoran atau kurang bersih, bisa membuat kopi terasa lebih pahit dan membutuhkan waktu lebih lama untuk diseduh.

6. Memakai alat pencuci otomatis

Alat pencuci piring otomatis atau dishwasher tidak aman untuk membersihkan beberapa bagian mesin pembuat kopi. Beberapa bagian penggiling mungkin boleh saja, tapi tidak semuanya bisa dicuci secara otomatis. Lebih baik cuci dengan cara manual.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA