Kamis 31 Dec 2020 11:58 WIB

Islam Wasathiyah di Indonesia, Too Big to Fail

Islam moderat di Indonesia mengalami beberapa tantangan dari dalam dan luar

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Islam Wasathiyah di Indonesia Terlalu Besar untuk Gagal | Suara Muhammadiyah
Islam Wasathiyah di Indonesia Terlalu Besar untuk Gagal | Suara Muhammadiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah– Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Ahmad Najib Burhani menyebut bahwa kehadiran Islam wasathiyah di Indonesia terlalu besar untuk gagal.

Kalimat ini dikutip dari pernyataan Azyumardi Azra, “Indonesian wasathiyah Islam is too big to fail.” Oleh karena itu, kita patut bersyukur dan terus mempertahankan karakter Islam wasathiyah ini.

Meskipun besar, Islam moderat di Indonesia mengalami beberapa tantangan dari dalam dan dari luar. Hal itu dikatakan Ahmad Najib Burhani dalam Webinar Refleksi Akhir Tahun dengan tema

“Moderasi Keislaman dan Keindonesiaan” yang diselenggarakan oleh Program Doktor Politik Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bekerjasama dengan Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Pascasarjana UMY, 30 Desember 2020.

Tantangan dari dalam berupa fragmentasi otoritas keagamaan dan desentralisasi otoritas keagamaan, misalnya dengan kemunculan gerakan hijrah dan gerakan salafi. Wasathiyah Islam mendapat tantangan dari luar, seperti globalisasi dan menguatnya politik identitas. Di tengah berbagai arus ini, perlu ada pengarusutamaan moderasi Islam. “Pemerintah perlu berpihak pada penguatan moderasi Islam,” ujar Najib Burhani.

Menurutnya, ada beberapa pertanyaan yang belum selesai dan terus dipertentangkan di kalangan internal umat Islam. Seperti pertanyaan, apakah keislaman itu tidak kompatibel dengan keindonesiaan? Apakah kesalehan itu harus dengan sikap intoleransi? Apakah hukum agama harus diletakkan di atas hukum negara dalam masyarakat yang majemuk? Dialektika ini seharusnya sudah selesai.

Namun dalam kenyataanya, terdapat beberapa masalah di kalangan umat Islam yang menjadi tantangan Islam moderat. Seperti otoritarianisme yang mengarah pada konservatisme. Najib Burhani mengingatkan bahwa segregasi, intoleransi, kebencian, al-walla wa al-barra jika terus ditanamkan dan diindoktrinasi sejak anak-anak, maka mereka yakin bahwa itulah yang diajarkan oleh agama.

“Sebagian orang masih terus menyebarkan dikotomi tersebut, termasuk melalui media sosial,” ungkap wakil Ketua Majelis Pustaka dan Informasi ini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement