Rabu 30 Dec 2020 14:07 WIB

7 Diet Sehat yang Bisa Perkuat Memori Otak

Kandungan kolin telur memberikan kognisi lebih baik pada orang dewasa dan paruh baya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Omelet telur
Foto: flickr
Omelet telur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktivitas relaksasi atau mengasah otak seperti belajar, meditasi, dan bermain puzzle ampuh memperkuat memori seseorang. Ada juga cara yang lebih lezat, yaitu dengan mengatur pola makan.

Berikut tujuh diet sehat yang bisa membantu meningkatkan kekuatan memori,  seperti dilansir di laman Eat This, Rabu (30/12).

1. Perbanyak sayuran hijau

Sayuran hijau seperti kale, bayam, sawi, brokoli, atau kangkung adalah sumber vitamin yang sangat baik sehingga dapat meningkatkan fungsi otak. Konsultan kesehatan Cecilia M Serban mengatakan, memperbanyak asupannya akan memperkaya tubuh dengan vitamin K, lutein, folat, dand beta karoten.

2. Kudapan bluberi

Pemilik bisnis kebugaran WholeIntent, Ashlee Van Buskirk, menyarankan sediakan bluberi di rumah untuk kudapan, dibuat jadi smoothie atau dimakan dengan pancake. Buah itu bagus untuk kekuatan memori karena kaya senyawa antosianin dan berbagai flavonoid yang menyehatkan otak.

3. Sarapan omelet

Daripada menyantap sereal atau menu instan lain, lebih baik menikmati sarapan dengan omelet telur. Pakar diet berlisensi, Katherine Brooking mengatakan, kandungan kolin dalam telur memberikan pengaruh berupa kognisi lebih baik pada orang dewasa dan usia paruh baya.

4. Hidangkan menu salmon

Salmon manjur memperbaiki kekuatan memori lantaran kaya asam lemak omega-3. Ahli kesehatan holistik Kerri Axelrod mengutip sebuah studi bahwa orang yang rutin mengasup omega-3 selama enam bulan berturut-turut mengalami peningkatan level kognisi dan memori.

5. Hindari alkohol

Alkohol punya dampak sangat buruk untuk memori. Sudah jadi rahasia umum bahwa minum minuman keras bisa memberikan pengaruh langsung berupa menyamarkan ingatan, tapi ada juga efek jangka panjang. Jika diteruskan, kebiasaan itu bisa merusak kemampuan otak menyimpan memori.

6. Masukkan kunyit dalam resep

Rempah-rempah dengan rasa dan warna yang khas ini tidak cuma bermanfaat menyedapkan makanan dan minuman, tapi juga menguatkan memori. Dalam sebuah studi, senyawa kimia bernama kurkumin di dalam kunyit terbukti berhasil meningkatkan kemampuan memori para pasien alzheimer.

7. Banyak minum air putih

Pakar diet sekaligus blogger makanan dari The Oregon Dietitian, Megan Byrd, menjelaskan bahwa keuntungan minum air putih dalam jumlah cukup tidak hanya berdampak baik untuk kulit. Banyak minum air putih juga manjur guna meningkatkan konsentrasi dan memori jangka pendek.

Mayo Clinic merekomendasikan pria dewasa untuk minum 15,5 gelas air putih per hari. Untuk perempuan, jumlah idealnya adalah minum 11,5 gelas air. Dengan memperbaiki kebiasaan minum, fungsi kognitif akan menjadi lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement