Rabu 30 Dec 2020 13:22 WIB

5 Film Bergenre Fiksi Ilmiah Terbaik 2020

The Invisible Man sekaligus bisa menjadi film horor terbaik 2020.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Beberapa adegan film The Invisible Man yang akan tayang mulai hari ini, Rabu (26/2).
Foto: Dok Blumhouse Productions
Beberapa adegan film The Invisible Man yang akan tayang mulai hari ini, Rabu (26/2).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Pandemi Covid-19 membuat industri perfilman global tak berjalan sesuai harapan. Beberapa film bergenre fiksi ilmiah terbesar, seperti adaptasi baru dari Frank Herbert, Dune, harus diundur hingga 2021.

Meski begitu, tetap ada beberapa sinema fiksi ilmiah hebat yang tetap diproduksi tahun ini. Berikut daftar film fiksi ilmiah yang dinilai menjadi yang terbaik tahun ini, seperti dilansir di Cinema Blend, Rabu (30/12):

1. The Vast of Night

Film ini berlatar tahun 1950-an di New Mexico yang berurusan dengan invasi alien. Jika ada buku teks membuat film fiksi ilmiah, mungkin film ini ada pada bab satu.

The Vast of Night menceritakan tentang beberapa remaja yang memecahkan misteri sinyal radio. The Vast of Night adalah fiksi ilmiah terbaik, tidak hanya karena elemen klasiknya, tetapi karena cara film itu mengatakan sesuatu tentang dunia yang tercermin dalam ceritanya.

2. The Invisible Man

The Invisible Man bukan hanya salah satu film fiksi ilmiah terbaik tahun ini, tetapi kemungkinan juga salah satu film horor terbaik 2020. Di sini, fiksi ilmiah sedikit lebih dari katalisator cerita. Penampilan aktris Elisabeth Moss sebagai seorang wanita yang 'tertekan' oleh pasangannya, begitu memikat. The Invisible Man menjadi salah satu rilis besar terbaik tahun ini, bahkan jika bioskop tidak tutup.

3. Tenet

Berbicara tentang mengotak-atik waktu, Tenet, Christopher Nolan tak perlu dipertanyakan lagi. Sinema yang dibintangi oleh Robert Pattinson ini menjadi salah satu film terbesar yang keluar pada 2020. Ulasan untuk film ini cukup beragam. Banyak yang melihatnya sebagai kecemerlangan Nolan, sementara yang lain menganggapnya sesuatu yang berantakan.

4. Bill and Ted Face the Music

Bill and Ted Face the Music didasarkan pada teknologi masa depan (yang sepenuhnya tidak dapat dijelaskan). Ini adalah film yang dibuat selama beberapa dekade.

Film mampu menyimpulkan kisah Bill dan Ted dengan cara yang paling baik, lucu, dan menyentuh hati. Ini bukan film terbaik dalam trilogi, bahkan mungkin bukan yang terbaik kedua, tapi film itu sangat pas untuk waktu sekarang ini. Seperti pendahulunya, film ini menggunakan mekanisme perjalanan waktu dengan cara yang sama kreatifnya dengan film perjalanan waktu yang lebih serius.

5. The Phineas and Ferb: Candace Against the Universe

Menggadang genre fiksi ilmiah, bukan berarti film tidak boleh konyol, berupa animasi, animasi, atau keduanya. The Phineas and Ferb: Candace Against the Universe tidak membahas pertanyaan serius tentang kondisi manusia atau tempat kita di alam semesta, seperti kebanyakan genre umumnya.

Film itu memang menampilkan alien dan pesawat luar angkasa. Ketika saudara perempuan Phineas dan Ferb diculik oleh alien, mereka berlomba untuk menyelamatkannya. The Phineas and Ferb: Candace Against the Universe adalah film keluarga yang memiliki elemen-elemen menarik.

Dari sisi fiksi ilmiah yang lebih konyol hingga sudut yang paling serius, masih ada beberapa kisah hebat tentang alien, teknologi, dan perjalanan waktu untuk menghibur para penggemar pada 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement