Rabu 30 Dec 2020 11:11 WIB

Peringatan Tahun Baru 2021 Momentum Tepat Introspeksi Diri

Masyarakat diajak memperbanyak berzikir serta berdoa memohon pertolongan-Nya.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Warga mengikuti doa dan zikir akbar menjelang pergantian Tahun Baru 2020.
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Warga mengikuti doa dan zikir akbar menjelang pergantian Tahun Baru 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Akademisi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto Muridan mengingatkan, peringatan tahun baru di tengah pandemi Covid-19 merupakan momentum yang tepat untuk melakukan instrospeksi dan evaluasi diri.

"Peringatan tahun baru di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk melakukan muhasabah atau evaluasi diri," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (30/12).

Kepala Laboratorium Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto itu menjelaskan, dengan melakukan evaluasi diri maka dapat diketahui apakah berbagai aktivitas yang dijalani selama setahun terakhir telah banyak bermanfaat bagi kemanusiaan dan berkontribusi positif bagi sesama.

Muridan juga mengingatkan, sebaik-baik manusia adalah yang dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi orang lain di sekitarnya. "Sebelum melakukan instropeksi dan evaluasi diri, tentunya harus tahu terlebih dulu apa saja hal yang perlu diperbaiki. Aktivitas apa saja yang telah dijalani dalam satu tahun belakangan ini," katanya.

Muridan juga menambahkan bahwa situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini perlu menjadi pengingat bagi seluruh masyarakat untuk memperbanyak kegiatan berzikir serta berdoa memohon pertolongan-Nya agar wabah ini cepat selesai.

"Pandemi Covid-19 mendorong kita untuk senantiasa mempergunakan akal untuk berpikir cepat dan juga tepat dalam mencari solusi atas wabah ini dan juga senantiasa berdoa," katanya.

Selain itu peringatan tahun baru, menurut Muridan, juga merupakan momentum yang sangat tepat untuk lebih bersyukur bahwa hingga saat ini masih diberikan kesehatan dan juga masih dapat melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi sesama.

Selain itu perayaan tahun baru dalam suasana pandemi Covid19, menurut dia, sangat perlu dimanfaatkan untuk terus meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. "Ini momentum yang sangat baik untuk senantiasa berupaya meningkatkan kualitas keimanan kita," kata Muridan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement