Rabu 30 Dec 2020 10:10 WIB

Polda Jabar Raih Peringkat I Akuntabilitas Kinerja

Atas prestasi itu tiga polres di Polda Jabar mendapat tunjangan insentif.

Rep: Djoko Suceno / Red: Agus Yulianto
Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri.
Foto: Djoko Suceno /Republika
Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG  - -  Tahun 2020 segera berakhir. Sepanjang tahun yang penuh dengan berbagai ujian menyusul pandemi Covid 19,  memiliki catatan tersendiri bagi jajaran Polda Jabar.

Selama tahun 2020,  Polda Jabar yang memiliki jumlah personel Polri sebanyak 31.654 dan 1.508 ASN meraih berbagai predikat tingkat nasional dan Jawa Barat. Salah satu prestasi nasional yang diraih  Polda Jabar yaitu  ‘Peringkat I Akuntabilitas Kinerja Tingkat Polda tahun 2019’ dengan nilai akhir 76,8 kategori terbaik.

Penghargaan lainnya tingkat nasional, juga diraih Polda Jabar dari Itwasum Polri Nomor : Kep/1934/IX/2020 tanggal 27 Oktober 2020 tentang Quick Wins B09 tingkat Mabes  Polri  sebagai peringkat kedua. Ini adalah penghargaan yang diberikan atas reformasi birokrasi yang diterapkan  di lingkungan Polda Jabar.

Satu penghargaan lagi disabet Polda Jabar  berdasarkan keputusan Kapolri Nomor : Kep/1934/IX/2020 tanggal 25 September 2020  tentang Intensif bagi Pegawai Negeri pada Polri yang mendaat predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) atau Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) tahun 2018 dan 2019.

Atas prestasi tersebut, tiga kewilayahan (Polres) di Polda Jabar mendapat tunjangan insentif. Ketiga  Polres yang mendapat tunjangan insentif yaitu Polresta Cirebon,  Polres Indramayu, dan Polres Sumedang.

Dua penghargaan tingkat provinsi diraih Biro Perencanaan Polda Jabar dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan sebagai Koordinator Pengelolaan Anggaran Terbaik Triwulan III Tahun 2020  tanggal 8 Oktober. Sedangkan Bidang Keuangan Polda Jabar meraih prestasi Peringkat II Laporan  Keuangan Tingkat UAPP-W tahun 2019 terbaik Kategori Wilayah Kerja Besar (lebih dari 20 satker) Lingkup Kanwil DJ Provinsi Jabar.

Atas prestasi tersebut, Kapolda Jabar, Irjen  Pol Ahmad Dofiri, memberikan apresiasi kepada pendahulunya Irjen Pol Rudy Supahriadi. Menurut Dofiri, sederet prestasi yang diraih  Polda Jabar pada 2020 merupakan karya pendahulunya (Irjen Pol Rudy Supahriadi).

‘’Saya kan baru menjabat satu bulan lebih. Artinya saya belum memiliki restasi apaun. Ini hasil karya pendahulu saya Pa Rudy,’’ ujar dia dalam rilis akhir tahun 2020 di Ma’’ ujar dia di Mapolda Jabar, Selasa (29/12).

Menurut  Dofiri, prestasi tersebut tentunya diraih dengan perjuangan yang sungguh sungguh . Ia sendiri mengaku belum tentu bisa memertahankan  prestasi tersebut,  apalagi meningkatkannya. Ia berharap kepada seluruh jajaran untuk bersama sama memertahankan keberhasilan yang diraih pendahulunya.

‘’Tentu sebuah proses  yang berat untuk meraihnya. Butuh kerja keras untuk bisa memertahankan  apalagi meningkatkan. Tapi saya optimis jika seluruh jajaran bersinergi prestasi setinggi apaun bisa diraih,’’ kata dia yang pernah menjabat Kaolda Banten dan DIY ini.

Salah satu target dalam memimpin Polda Jabar yaitu meningkatkan profesionalisme personel .  Ia menekankan kepada jajarannya, khususnya penyidik di Krimum, Krimsus, dan Narkoba harus transaran dalam menangani setiap perkara.

"Karena memang harus seperti itu.  Kalau kita menutupi ngak ada gunanya sama sekali. Penjelasan secara  transaran kepada media jauh lebih bagus agar tak jadi prasangka dan persepsi yang tidak tidak,’’ ’’ ujar jenderal bintang dua peraih Bintang Adhi Makayasa Akpol   1989 ini . 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement