Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Gubernur Sumbar: Tutup Objek Wisata Saat Libur Tahun Baru

Rabu 30 Dec 2020 09:26 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengeluarkan Surat Edaran tentang pengendalian kegiatan masyarakat untuk pencegahan penyebaran covid-19 pada momen libur tahun baru. Dalam surat edarannya tersebut, Irwan meminta bupati dan wali kota di Sumbar menutup objek daya tarik wisata mulai Kamis (31/12) sampai Ahad (3/1) mendatang.

Foto:
Gubernur Sumbar meminta Pemda tutup objek wisata mulai Kamis hingga Ahad (3/1)

Selain sebagai respon dari maklumat Kapolri, penutupan objek wisata di Bukittinggi menurut Nenta juga sebagai tindak lanjut rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bukittinggi tanggal 25 Desember 2020, tentang penanganan covid-19 di hari libur akhir tahun.

Objek wisata yang ditutup tersebut adalah Taman Panorama Lubang Jepang dan Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan serta Benteng Ford de Kock. Selain penutupan objek wisata berbayar, Pemko Bukittinggi juga meniadakan kegiatan apapun pada malam pergantian tahun baru 2021.

Hal serupa juga dilakukan Pemkot Payakumbuh. Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengimbau kepada masyarakat Kota Payakumbuh agar tidak mengadakan acara perayaan pergantian tahun baru 2021 dalam bentuk apapun. Termasuk kegiatan yang mengundang kerumunan atau konvoi kendaraan.

"Kepada aparat keamanan diminta untuk meningkatkan patroli dan pengawasan pada tempat-tempat yang berkemungkinan dilakukan kegiatan perayaan malam tahun baru," kata Riza melalui  keterangan dalam surat edaran nomor: 451/39/Wk.Pyk/2020, Selasa (29/12).

Riza juga berharap pemilik atau pengelola tempat hiburan, kafe, dan restoran agar tidak mengadakan acara khusus yang berkaitan dengan perayaan pergantian tahun baru. Pemilin atau pengelola tempat hiburan, kafe dan restoran juga diharuskan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

 

Para pemilik atau pengelola tempat wisata seperti Ngalau Indah, Panorama Ampangan, Tepian Batang Agam dan lainnya  juga diminta untuk menutup operasional saat malam peringatan tahun baru 2021.  Penutupan dilakukan mulai pada 31 Desember 2020 pukul 14:00 WIB sampai tanggal 1 Januari 2021 pukul 14:00 WIB.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA