Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Tidur Tengkurap Bisa Jadi Penyebab Timbulnya Jerawat

Selasa 29 Dec 2020 22:51 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Posisi tidur tengkurap bisa berisiko menimbulkan jerawat hingga penuaan dini (Foto: ilustrasi)

Posisi tidur tengkurap bisa berisiko menimbulkan jerawat hingga penuaan dini (Foto: ilustrasi)

Foto: PxHere
Posisi tidur tengkurap bisa berisiko menimbulkan jerawat hingga penuaan dini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Posisi tidur ternyata berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Baru-baru ini para ahli menemukan bahwa posisi tidur tertentu berisiko menimbulkan jerawat, radang, dan penuaan dini.

Menurut Dokter Bedah Plastik Bersertifikat di Amerika Serikat (AS) Dr Anthony Youn, posisi tidur tengkurap bisa merusak kulit wajah. Menurut dia, ketika seseorang tidur tengkurap, wajah akan mengalami gesekan dengan bantal yang kemudian dapat memicu kerutan dini.

“Kerutan saat tidur bisa menjadi permanen. Jika tidur tengkurap dalam satu malam mungkin tidak terlihat efeknya, tetapi kalau dilakukan secara rutin dari tahun ke tahun, maka kerutan itu akan permanen,” kata Dr Youn seperti dikutip dari The Ladders, Selasa (29/12).

Dokter Bedah Plastik dari New York, AS, Konstantin Vasyukevich, juga mengatakan bahwa tidur tengkurap dapat menyebabkan kerutan di dahi, dan tidak dapat disembuhkan oleh retinoid yang paling intens sekalipun. Menurut Vasyukevic, posisi tidur miring juga dapat menyebabkan keriput di sisi wajah.

“Faktor yang sangat besar dalam penuaan saat tidur adalah kekuatan menggeser yang diciptakan oleh pergerakan kulit di bantal,” kata dia.

Lalu apa posisi tidur terbaik bagi kesehatan kulit wajah? Para ahli setuju bahwa posisi terbaik untuk tidur adalah menghadap ke atas atau telentang. Mereka beralasan posisi telentang bisa menjaga kulit wajah dari tekanan, gesekan atau kotoran dari sarung bantal.

Tidur telentang tidak hanya baik untuk kulit, tetapi sebagian besar ahli kesehatan setuju bahwa ini adalah posisi terbaik untuk kesehatan secara menyeluruh. Posisi telentang melindungi tulang belakang dan otot, yang memungkinkan tubuh berfungsi dengan baik.

Di samping itu, ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menunjang kesehatan kulit wajah. Dokter Spesialis Kulit Bersertifikat Joel Schlessinger mengatakan, tidak rutin mengganti sarung bantal bisa memicu jerawat.

“Kulit dan rambut Anda meninggalkan minyak dan penumpukan yang dapat menyebabkan jerawat, peradangan, dan iritasi. Anda harus mencuci seprai setidaknya sekali seminggu untuk menghindari perpindahan bakteri ini, minyak, dan kotoran lainnya," kata Schlessinger.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA