Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

4 Sumber Karbohidrat Ini Boleh Dimakan Setiap Hari

Selasa 29 Dec 2020 22:41 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Tidak semua karbohidrat buruk bagi tubuh (Foto: ilustrasi)

Tidak semua karbohidrat buruk bagi tubuh (Foto: ilustrasi)

Foto: The Blue Diamond Gallery
Tidak semua karbohidrat buruk bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak semua karbohidrat buruk untuk tubuh. Anggapan itu sama sekali tidak benar, dan belum tentu pula membatasi asupan karbohidrat baik untuk kesehatan atau upaya dalam menurunkan berat badan.

Sebagian besar pakar nutrisi mungkin setuju dengan gagasan menjauhi karbohidrat olahan dengan indeks glikemik tinggi, seperti roti putih, nasi putih, atau kue kering. Namun, ada pula sejumlah makanan dengan karbohidrat kompleks.

Jenis karbohidrat ini baik untuk tubuh karena cenderung tinggi protein dan kaya serat. Berikut sejumlah makanan mengandung karbohidrat yang dapat dikonsumsi setiap hari tanpa menambah berat badan, dikutip dari laman SheFinds, Selasa (29/12).

Kinoa
Kinoa atau quinoa kaya akan protein, serat, dan berbagai vitamin, terutama vitamin B. Makan kinoa secara teratur membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi, yang artinya mencerna lebih cepat dan ada lebih sedikit kalori yang diubah menjadi lemak.

Oat
Oat adalah salah satu makanan dengan kandungan karbohidrat sehat, serta sangat baik karena kandungan seratnya yang tinggi. Biji-bijian ini dapat membantu menurunkan berat badan, mengatur metabolisme, dan menurunkan kadar gula darah.


Labu
Kebanyakan orang tidak secara otomatis memikirkan karbohidrat saat bicara tentang sayuran. Padahal, ada beberapa sayuran yang kaya akan karbohidrat sehat, salah satunya labu. Sayuran musiman ini juga mengandung serat, zat besi, kalium, dan antioksidan.


Yoghurt
Yoghurt kerap terlupakan sebagai sumber karbohidrat, yang juga mengoptimalkan fungsi pencernaan dan meningkatkan pembakaran lemak. Konsumsi yogurt secara teratur juga baik untuk asupan kalsium, vitamin D, dan probiotik.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA