Selasa 29 Dec 2020 21:18 WIB

Alasan Mengapa Nabi Isa AS Diutus Berdakwah ke Bani Israel

Nabi Isa AS berdakwah ke Bani Israel membawa misi tauhid dan akhlak

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Nabi Isa AS berdakwah ke Bani Israel membawa misi tauhid dan akhlak. Allah/Ilustrasi
Nabi Isa AS berdakwah ke Bani Israel membawa misi tauhid dan akhlak. Allah/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ajaran yang dibawa Nabi Isa AS sejatinya telah hadir jauh sebelum kehadiran Nabi Muhammad SAW. Ajaran yang dibawa Nabi Isa itu mengakui keesaan Allah dan menekankan pada sisi kerohanian.

Pakar Ilmu Tafsir Prof Quraish Shihab dalam buku Membaca Sirah Nabi Muhammad SAW menjelaskan, ajaran Nabi Isa merupakan ajaran kerohanian, mengakui keesaan Allah SWT, dan penekanan terhadap akhlak yang luhur. Nabi Isa diutus ke bumi oleh Allah juga untuk meluruskan kesesatan Bani Israel.

Baca Juga

Masyarakat Bani Israel kala itu diliputi kegersangan hati dan kesesatan yang hakiki dengan pengalaman ajaran agama tanpa ruh. Perjuangan dan dakwah Nabi Isa yang diikuti pengikutnya ini pun juga diabadikan dalam Alquran surat Al-Maidah ayat 82, Allah SWT berfirman: 

لَتَجِدَنَّ أَشَدَّ النَّاسِ عَدَاوَةً لِلَّذِينَ آمَنُوا الْيَهُودَ وَالَّذِينَ أَشْرَكُوا ۖ وَلَتَجِدَنَّ أَقْرَبَهُمْ مَوَدَّةً لِلَّذِينَ آمَنُوا الَّذِينَ قَالُوا إِنَّا نَصَارَىٰ ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّ مِنْهُمْ قِسِّيسِينَ وَرُهْبَانًا وَأَنَّهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ

“Latajidanna asyadda an-naasi adawatan lilladzina aamanu al-yahuda walladzina asyrakuu walatajidanna aqrabahum mawaddatan lilladzina aamanu alladzina qaalu innaa nasharaa dzalika bi-anna minhum qissisina wa ruhbanan wa annahum laa tastakbirun.” 

“Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: ‘sesungguhnya kami ini orang Nasrani’. Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri.” 

Prof Quraish menjelaskan, Alquran memuji sekelompok penganut ajaran Nabi Isa AS karena keberhasilan pendeta-pendeta rahib-rahib mereka yang menjalankan ajaran Nabi Isa dengan baik. Dan mereka menjalankan salah satunya dengan tidak menyombongkan diri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement