Selasa 29 Dec 2020 20:38 WIB

Arteta Akui Masih Beradaptasi dengan Kariermya di Arsenal

Kini Arteta siap membawa kebangkitan bagi timnya.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, diterpa isu pemecatan menyusul penampilan buruk timnya.
Foto: EPA-EFE/Jon Super
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, diterpa isu pemecatan menyusul penampilan buruk timnya.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Manajer Arsenal, Mikel Arteta mengakui tetap beradaptasi baik secara individu maupun secara taktis sejak mengambil alih posisi sebagai manajer Arsenal. Apalagi Arsenal menjadi tim pertamanya sebagai manajer.

Arteta melepas pekerjaannya sebagai asisten pelatih bersama Pep Guardiola di Manchester City. Dia pun mengambil alih Arsenal pada Desember 2019 dan menikmati awal karier dengan kesuksesan, termasuk memenangkan Piala FA.

Arsenal sempat memiliki tren buruk dengan tujuh pertandingan tanpa kemenangan. Namun kemenangan 3-1 atas Chelsea pada Boxing Day membawa optimisme bagi Emirates.

"Saya mempertanyakan diri saya sendiri setiap harinya. Sejak saya tiba di sini, pertama-tama saya menganalisis dengan sangat baik dari apa yang terjadi, apa yang kami bisa dan tidak bisa kami lakukan," kata Arteta dilansir dari laman Sky Sports, Selasa (29/12).

"Saya telah beradaptasi lebih dari apa yang saya kira akan saya lakukan ketika saya memimpin tim. Karena ada hal-hal tertentu yang menurut saya jauh lebih baik untuk kualitas para pemain yang kami miliki dan hal-hal lain yang mungkin tidak kami siapkan untuk dilakukan," kata Arteta.

Arteta mengakui harus beradaptasi karena pada akhirnya dia harus membuat timnya hidup sesederhana, sejelas dan seefisien mungkin saat mereka masuk ke lapangan. Arsenal bahkan memainkan banyak pemain muda karena banyaknya pemain yang cedera dan absen.

Kini Arteta siap membawa kebangkitan bagi timnya. Apalagi akhir tahun merupakan periode tersibuk di setiap musim Liga Premier.

"Saya pikir ada pesan di dalam skuad bahwa setiap orang penting di sini, semua orang disini hadir untuk berkontribusi dan menjadi orang berguna," kata Arteta. 

"Tidak masalah jika pemain muda atau senior, semua yang ada di sini turut berkontribusi. Saya pikir itu adalah pesan yang bagus untuk semua orang ketika kami harus mengandalkan mereka. Kami tahu bahwa kami dapat mengandalkan dan kami tidak memiliki keraguan terhadap mereka," kata mantan gelandang Arsenal era Arsene Wengee ini menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement