Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Polresta Cirebon Tes Antigen di Perbatasan Jabar-Jateng

Selasa 29 Dec 2020 20:24 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Teguh Firmansyah

Kendaraan pemudik melintas menuju gerbang Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (24/12/2020). Arus mudik Natal dan Tahun Baru yang melewati Tol Cipali terpantau ramai lancar. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.

Kendaraan pemudik melintas menuju gerbang Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (24/12/2020). Arus mudik Natal dan Tahun Baru yang melewati Tol Cipali terpantau ramai lancar. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.

Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Pemeriksaan rapid test antigen dimaksudkan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Polresta Cirebon menggelar rapid test antigen di Rest Area KM 229 Tol Kanci-Pejagan, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon.
Rapid test antigen yang dilaksanakan petugas Urkes Polresta Cirebon tersebut ditujukan bagi para pelaku perjalanan asal luar daerah, khususnya yang melintas dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi, mengatakan, pemeriksaan rapid test antigen itu dimaksudkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di masa libur Natal dan Tahun Baru 2021, terutama di wilayah hukum Polresta Cirebon.

Apalagi, Rest Area KM 229 Tol Kanci - Pejagan merupakan rest area pertama di wilayah Jawa Barat karena berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Karena itu, rapid test antigen ditujukan terhadap pelaku perjalanan yang memasuki wilayah Kabupaten Cirebon.

"Rapid test antigen itu sebagai pemeriksaan awal untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon selama libur Natal dan Tahun Baru 2021,’’ ujar Syahduddi, saat memimpin pelaksanaan Rapid Test Antigen di Rest Area KM 229 Tol Kanci – Pejagan, Selasa (29/12).

Syahduddi menjelaskan, rapid test itu dilaksanakan secara berkala sejak beberapa hari lalu hingga 31 Desember 2020 mendatang. Selama ini, tercatat ada sekitar 100 orang yang telah menjalani rapid test tersebut. "Hasil seluruhnya dinyatakan non reaktif,’’ terang Syahduddi.

Khusus hari ini, terdapat sekitar 32 orang yang telah menjalani rapid test antigen di Rest Area KM 229 Tol Kanci – Pejagan. Hasil pemeriksaan mereka pun dinyatakan nonreaktif. Dengan demikian, mereka diperkenankan melanjutkan perjalanan ke tujuannya masing-masing.

Syahduddi mengungkapkan, jika ada pelaku perjalanan yang hasil rapid test antigennya reaktif, maka akan ditindaklanjuti ke fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan tes swab. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan RSUD Waled Kabupaten Cirebon mengenai hal tersebut.

Sementara itu, salah seorang pelaku perjalanan, Rizki Hidayat (28), menyampaikan terima kasih kepada jajaran Polresta Cirebon karena telah memfasilitasi pemeriksaan rapid test antigen tersebut. Rizki mengaku tengah dalam perjalanan dari Yogyakarta menuju Jakarta dan belum sempat menjalani rapid test antigen maupun swab test.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA