Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Pandemi, Sekolah Semesta Semarang Adakan Beasiswa Prestasi

Selasa 29 Dec 2020 19:08 WIB

Red: Fernan Rahadi

Sekolah Semesta Bilingual Boarding School Semarang

Sekolah Semesta Bilingual Boarding School Semarang

Foto: http://www.semestaschool.sch.id
Calon penerima beasiswa tidak perlu datang langsung ke Sekolah Semesta.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pandemi Covid-19 yang merebak di Indonesia sejak awal tahun 2020 hingga saat ini memberikan dampak perubahan metode kegiatan belajar mengajar antara guru dan murid yang mulai menerapkan pembelajaran dalam jaringan (daring) di sekolah. Kondisi ini membuat salah satu sekolah di Jawa Tengah, Sekolah Semesta Semarang, menyesuaikan diri. 

Kepala Sekolah Semesta Semarang, Didin Sopandi  mengatakan, pihaknya sejauh ini menerapkan pembelajaran daring dengan mengaplikasikan  sistem technology integrated class (TIC)  yang sudah ada sebelum pandemi terjadi.  Sistem ini memungkinkan siswa untuk belajar kapan pun dan dimana pun menggunakan perangkat laptop atau Chromebook yang telah diberikan sekolah kepada setiap siswa. 

Menyambut tahun ajaran baru 2021/ 2022 dan perayaan HUT Sekolah Semesta ke 22, Sekolah Semesta Semarang pada bulan Januari 2021 mendatang akan menjalankan program beasiswa prestasi untuk masuk di tingkat SMP dan SMA dan berbagai macam lomba untuk jenjang PG-TK sampai SMA. 

"Program ini dimaksudkan memberikan kesempatan kepada para siswa-siswi yang memiliki bakat di bidang akademik, olahraga, menyanyi, membaca puisi dan menghafal Alquran atau tahfiz, untuk bisa bersekolah di Sekolah Semesta. Tes seleksi administrasi dan wawancara beasiswa akan dilaksanakan secara daring, sehingga calon penerima beasiswa tidak perlu datang langsung ke Sekolah Semesta," kata Didin.

Didin juga mengungkapkan sekolah yang baru saja membuka cabang non asrama di daerah Candi Golf bernama Sekolah Semesta 2 ini juga memberikan fasilitas bimbingan dari divisi guidance dan career planner. Fasilitas ini memungkinkan guru dan murid untuk dapat belajar lebih menyenangkan dan sebagai persiapan untuk masuk ke jenjang perkuliahan bagi siswa SMA.

Sekolah Semesta menerapkan sistem Sekolah Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK), yang menggunakan kurikulum Cambridge dibawah nota kesepahaman Yayasan Al Firdaus Semarang Indonesia. Sekolah Semesta berdiri sejak tahun 1999 dan alumninya telah tersebar di berbagai daerah dengan berbagai macam pekerjaan. 

Sekolah Semesta yang berulang tahun ke 22 di tahun 2021 juga akan mengadakan lomba-lomba. Acara ini akan diadakan secara daring dari tingkat PG-TK sampai jenjang SMA untuk seluruh pelajar di Indonesia. Lomba yang diadakan terdiri dari lomba akademik dan non akademik seperti Lomba poster, menyanyi, kompetisi matematika dan lomba menarik lainnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA