Selasa 29 Dec 2020 18:54 WIB

Indonesia Segera Beli vaksin AstraZeneca dan Pfizer

Menkes berharap pembelian vaksin AstraZeneca dan Pfizer selesai dalam waktu dekat

Red: Nur Aini
Pemerintah Indonesia akan segera menandatangani kontrak pembelian vaksin AstraZeneca dan Pfizer-BioNTech.
Pemerintah Indonesia akan segera menandatangani kontrak pembelian vaksin AstraZeneca dan Pfizer-BioNTech.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia akan segera menandatangani kontrak pembelian vaksin AstraZeneca dan Pfizer-BioNTech.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan suplai dari perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca mencakup 100 juta dosis vaksin. Dari dosis tersebut, 50 juta dosis bersifat pasti dan 50 juta dosis lainnya masih opsional.

Baca Juga

Indonesia juga akan segera menandatangani kontrak dengan perusahaan Jerman-Amerika Serikat, Pfizer/BioNTech untuk 100 juta dosis vaksin, dengan rincian 50 juta dosis sudah pasti dan 50 juta dosis lainnya opsional.

“Kami harapkan finalisasi dengan AstraZeneca dan Pfizer bisa selesai dalam waktu dekat ini,” kata Budi, dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa (29/12).

Menurut Budi, pemerintah membuat sebagian kontrak bersifat opsional karena masih menunggu kepastian suplai vaksin dari aliansi vaksin Gavi, yang merupakan bagian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Gavi akan memberikan vaksin gratis untuk negara-negara yang bekerja sama dengan mereka, namun jumlah dosisnya belum diketahui secara pasti. Budi menuturkan, jumlah vaksin gratis yang akan didapat dari Gavi berkisar 3 persen hingga 20 persen dari total populasi atau antara 16 juta dosis hingga 100 juta dosis.

“Itu sebabnya kenapa kita buat kontrak dengan opsi dari supplier vaksin yang ada tadi, supaya kalau ada kepastian dari pengadaan vaksin dari Gavi, kita tidak usah ambil dari mereka (penyuplai vaksin),” kata Budi.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/indonesia-segera-tanda-tangan-kontrak-pembelian-vaksin-astrazeneca-dan-pfizer/2091935
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement