Selasa 29 Dec 2020 17:19 WIB

PT KAI Daop 5 Layani Rapid Test Antigen di 4 Stasiun

Penumpang diimbau tidak melakukan tes berdekatan dengan jadwal keberangkatan.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Fuji Pratiwi
Calon penumpang kereta api melakukan tes cepat antigen Covid-19 di stasiun (ilustrasi). Setelah Stasiun Purwokerto, kini KAI Daop 5 juga memberikan layanan rapid test antigen di Stasiun Kutoarjo, Kroya, dan terakhir Stasiun Kebumen.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Calon penumpang kereta api melakukan tes cepat antigen Covid-19 di stasiun (ilustrasi). Setelah Stasiun Purwokerto, kini KAI Daop 5 juga memberikan layanan rapid test antigen di Stasiun Kutoarjo, Kroya, dan terakhir Stasiun Kebumen.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Lokasi layanan rapid test antigen bagi calon penumpang KA di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto, makin bertambah. Setelah Stasiun Purwokerto, kini KAI Daop 5 juga memberikan layanan rapid test antigen di Stasiun Kutoarjo, Kroya, dan terakhir Stasiun Kebumen.

''Dengan semakin banyaknya stasiun yang bisa memberi layanan rapid test antigen, calon penumpang tidak lagi mengalami kesulitan mendapatkan syarat menggunakan jasa layanan KA," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Eko Budiyarto, Selasa (29/12).

Baca Juga

Tarif yang ditetapkan untuk mendapatkan layanan ini juga cukup murah, hanya Rp 105 ribu.

Dia menyebutkan, layanan rapid test antigen di stasiun Kebumen mulai dibuka pada Selasa (29/12) ini. Pembukaan fasilitas layanan ini diberikan, agar warga Kabupaten Kebumen dan sekitarnya yang hendak melakukan perjalanan KA. Sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh ke stasiun Kroya dan Kutoarjo.

Sebagaimana layanan rapid test antigen di stasiun lainnya, Eko menyatakan, layanan rapid test antigen di stasiun Kebumen buka mulai pukul 08.00-14.00 WIB. Kecuali pada Selasa (29/12), yang baru buka pukul 14.00 WIB. Hari-hari selanjutnya, buka pukul 08.00-14.00 WIB.

Dia berharap, calon penumpang jasa angkutan KA yang akan memanfaatkan layanan rapid test antigen di stasiun, bisa melakukan tes sehari sebelum jadwal keberangkatan. Penumpang juga diimbau tidak melakukan rapid test antigen dengan jeda waktu yang terlalu dekat dengan jadwal waktu keberangkatan.

Hal ini tidak saja untuk menghindari kerumunan calon penumpang yang akan melakukan rapid test antigen, tapi juga agar calon penumpang tidak sampai tertinggal perjalanan KA. "Karena waktu tunggu untuk mendapatkan hasil rapid test antigen cukup lama,'' kata Eko.

Dia juga menyebutkan, layanan rapid test antigen di stasiun ini, hanya diperuntukkan bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket KA Jarak Jauh atau kode booking pembelian tiket, bukan untuk masyarakat umum.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement