Selasa 29 Dec 2020 15:03 WIB

Mahasiswi Unisa Ukir Prestasi LKTI Tingkat Nasional

Perjalanan tim fisioterapi Unisa yang mengikuti LKTI dimulai dari babak penyisihan.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus Unisa Yogyakarta.
Foto: Nico Kurnia Jati.
Kampus Unisa Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Mahasiswa Prodi Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas 'Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta kembali mengukir prestasi. Kali ini, diraih lewat Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dalam rangka Dies Natalis Universitas Esa Unggul Jakarta.

Tim terdiri dari Dwi Aryani, Siti Khoirunisa Fazriah, dan Dinde Gita Daulati. Dalam kompetisi ini, mereka diminta menyusun karya tulis ilmiah tentang peran fisioterapi olah raga terhadap performa tubuh, dan karya itu disajikan dalam bentuk jurnal.

Sekretaris Prodi Fisioterapi Unisa Yogyakarta, Ummy Aisyah Nurhayati mengatakan, perjalanan tim fisioterapi yang mengikuti LKTI dimulai dari babak penyisihan. Usai masuk lima besar, mereka lolos ke semifinal dan berhadapan langsung tuan rumah.

"Di babak semifinal ini mereka diminta untuk mempresentasikan karya ilmiah mereka, dan akhirnya kita mendapatkan juara dua," kata Aisyah.

Sedangkan, posisi ketiga diraih tim mahasiswa dari Universitas Indonesia. Untuk karya tulis ilmiah yang dibawakan tim mahasiswa Unisa Yogyakarta sendiri berjudul 'Pengaruh Resistance Training terhadap Peningkatan Performa kepada Atlet Muda'.

Tujuannya, bagi keilmuan mendapatkan evidence based practice, dan bagi fisioterapi sebagai pedoman intervensi fisioterapis. Sedangkan, bagi atlet untuk memberikan informasi terkait pengaruh resistance training untuk peningkatan performa atlet.

Ketua Prodi Fisioterapi Unisa Yogyakarta, Dika Rizki Imania, mengucapkan selamat ke tim mahasiswa fisioterapi yang berhasil meraih juara II LKTI tingkat nasional. Ia berharap, mereka bisa terus meraih prestasi dari bidang-bidang lain.

"Tidak merasa cukup dengan kesuksesan yang diraih saat ini, menjadikannya semangat dan semakin termotivasi untuk selalu berkarya, serta menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement