Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Enam Cara Mudah Kembali Menyucikan Hati

Rabu 30 Dec 2020 05:07 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Ani Nursalikah

Enam Cara Mudah Kembali Mensucikan Hati

Enam Cara Mudah Kembali Mensucikan Hati

Foto: Republika/Prayogi
Mensucikan hati membutuhkan usaha yang konsisten setiap hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kembali fitrah atau mensucikan hati merupakan proses yang berkelanjutan. Mensucikan hati membutuhkan usaha yang konsisten setiap hari. 

Sama seperti kita terus mencuci pakaian atau membersihkan kamar agar kotoran tidak menumpuk di dalamnya. Kita juga perlu bekerja secara teratur dan konsisten untuk mensucikan hati kita.

Baca Juga

Misi Nabi Muhammad SAW termasuk membantu kita mensucikan diri kita sendiri. Seperti yang dikatakan Allah, "Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus diantara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab dan Al Hikmah. Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu, mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata (Al Imran: 164)

Salah satu hal yang Nabi ajarkan kepada kita adalah dosa menodai hati kita dan menghilangkan cahayanya. Tapi, ada banyak zikir dan doa yang Nabi SAW ajarkan kepada kita untuk membantu mengampuni dosa kita setiap hari.

Jika doa dan zikir tersebut menjadi kebiasaan dalam rutinitas harian, maka akan membantu membersihkan hati, tetap terhubung kuat dengan Allah SWT dan tetap berada di jalan penyucian diri. Berikut ini enam zikir harian yang mudah untuk mensucikan hati, dilansir di About Islam.

Membaca zikir tertentu setelah doa

Nabi Muhammad  berkata, "Dia yang membaca setelah setiap sholat: Subhanallah 33 kali, Alhamdulillah, 33 kali, Allahu Akbar 33 kali dan melengkapi seratus dengan La ilaha illallahu, wahdahu la syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu, wa Huwa 'ala kulli syai'in qadir. Maka akan diampuni semua dosanya bahkan jika dosa mereka sebanyak buih di permukaan laut (HR. Muslim).

Berzikir 100 kali

Nabi Muhammad berkata," Dia yang mengucapkan 100 kali dalam sehari dengan 'La ilaha illallahu, wahdahu la syarika lahu, lahulmulku wa lahulhamdu, wa huwa' ala kulli syai'in qadir.'

Dia akan memiliki pahala yang setara dengan membebaskan 10 budak, 100 perbuatan baik akan dicatat sebagai pujiannya, ratusan dosanya akan dihapuskan dari gulungannya, dan dia akan dilindungi dari iblis pada hari itu sampai malam dan tidak ada yang akan melebihi dia dalam melakukan perbuatan baik yang lebih baik kecuali seseorang yang telah melafalkan kata-kata ini lebih sering darinya.

Dan dia yang mengucapkan, Subhanaallahi wa bihamdihi 100 kali sehari, dosa-dosanya akan dihapuskan bahkan jika itu sama dengan luas buih di lautan. (Al-Bukhari dan Muslim).

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA