Selasa 29 Dec 2020 14:00 WIB

Rahasia Panjang Umur Orang Jepang: Berendam Air Panas

Air harus setidaknya 38 derajat Celcius.

Mandi air hangat.
Foto: Republika
Mandi air hangat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penelitian menunjukkan bahwa orang Jepang hidup lebih lama, lebih sehat, dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Mereka memiliki satu kebiasaan sederhana: hampir 80 persen orang Jepang berendam air panas dalam waktu lama.

Shinya Hayasaka, seorang dokter medis dan profesor di Tokyo City University, telah mempelajari manfaat kesehatan dari mandi atau berendam di pemandian air panas alami "onsen" selama lebih dari dua dekade.

Baca Juga

"Sekitar 20 tahun yang lalu, seorang perawat yang memberikan perawatan mandi di rumah kepada seorang pasien lanjut usia, menghubungi saya untuk meminta nasihat," kata Hayasaka kepada DW.

“Dia prihatin karena pasiennya sering mengalami tekanan darah tinggi, dan sulit untuk memastikan aman tidaknya untuk berendam air panas. Saat itu belum ada penelitian ilmiah yang dilakukan untuk menjawab pertanyaan itu, dan menurut saya diperlukan bukti berbasis sains," ujarnya.

Makalah pertama Hayasaka diterbitkan dalam The Journal of Epidemiology pada Mei 1991. Makalah itu membahas perlunya pemantauan yang cermat terhadap orang tua yang mandi air panas. Dia kemudian memperluas penelitiannya ke dalam budaya berendam harian di Jepang.

 

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement