Selasa 29 Dec 2020 10:16 WIB

Meniere, Penyakit yang Bikin Jessie J Kehilangan Pendengaran

Kehilangan pendengaran akibat penyakit Meniere umum terjadi dalam episode berulang.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Jessie J mengaku sebelumnya tak pernah tahu tentang penyakit Meniere, gangguan yang memengaruhi bagian dalam telinga.
Foto: EPA
Penyanyi Jessie J mengaku sebelumnya tak pernah tahu tentang penyakit Meniere, gangguan yang memengaruhi bagian dalam telinga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum lama ini, penyanyi Jessie J sempat mengungkapkan bahwa dia merasakan sensasi seperti ada hair dryer yang menyala di dalam telinganya. Keluhan ini ternyata dipicu oleh masalah kesehatan bernama penyakit Meniere.

Penyakit Meniere merupakan sebuah gangguan yang memengaruhi bagian dalam telinga. Menurut National Institute on Deafness and Other Communication Disease (NIDCD), penyakit ini dapat memicu terjadinya kepeningan hebat, bunyi dering di telinga, serta kehilangan pendengaran.

Baca Juga

Gejala atau keluhan ini disebabkan oleh adanya penumpukan cairan di area telinga bagian dalam. Kondisi kehilangan pendengaran akibat penyakit Meniere bisa beragam dan umumnya terjadi dalam episode yang berulang.

"Dengan seiring berjalannya waktu, pendengaran menajdi semakin buruk dan semakin buruk," ungkap audiolog dan profesor dari departemen otolaringologi di New York University Erin Bean, seperti dilansir Today, Selasa (29/12).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jessie J (@jessiej)

Keluhan inilah yang dirasakan Jessie J pada salah satu telinganya hingga membuatnya kesulitan untuk mendengar. Saat menonton The Queen's Gambit, misalnya, dia sampai harus memasukkan jari ke satu telinganya agar bisa fokus mendengar tayangan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement