Selasa 29 Dec 2020 09:18 WIB

Gigi Kuning, Coba Atasi dengan 5 Cara Alami

Gigi kuning dapat terjadi akibat beberapa penyebab.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Gigi sehat itu permukaannya rata, licin tidak ada bau mulut. Gigi kuning dapat memengaruhi penampilan.
Foto: EPA
Gigi sehat itu permukaannya rata, licin tidak ada bau mulut. Gigi kuning dapat memengaruhi penampilan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gigi menguning menjadi masalah yang paling umum dialami. Padahal, gigi merupakan salah satu faktor penunjang estetika wajah seseorang.

Masalah gigi kuning dapat disebabkan beberapa faktor. Usia dan genetika adalah dua faktor utama penyebab masalah ini.

Baca Juga

Selain itu, mulut kering kronis, merokok, minum, diet tinggi karbohidrat sederhana dan gula, trauma mulut, efek samping obat-obatan, dan kebersihan mulut yang buruk juga bisa membuat gigi menguning. Ada beberapa cara untuk mencegah dan mngatasinya, berikut lima di antaranya, dikutip dari Times Now News, Selasa (29/12).

1. Berhenti merokok

Orang yang merokok lebih rentan mengalami gigi kuning daripada yang tidak merokok. Ini karena merokok dapat memicu pembentukan plak yang dapat membantu bakteri menempel pada gigi dan gusi. Berhenti merokok tidak hanya akan membantu mendapatkan kebersihan mulut yang lebih baik, tetapi juga membantu mempertahankan gaya hidup lebih sehat.

2. Sikat gigi

Selalu disarankan untuk menyikat gigi dengan benar. Pastikan untuk tidak langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan yang bersifat asam karena dapat menyebabkan erosi. Cara yang benar untuk menyikat gigi adalah dengan menyikat dua kali sehari selama dua menit, tidak menyikatnya terlalu keras, menyikat dengan gerakan memutar, mencapai celah saat menyikat, dan membersihkan permukaan kunyah.

3. Oleskan kulit buah

Kulit buah seperti pisang, jeruk, dan lemon bisa digosokkan pada gigi agar lebih putih. Ini terbukti bermanfaat karena adanya asam sitrat. Anda bisa mengaplikasikannya sebelum menyikat gigi dan membiarkannya selama dua menit.

4. Hidrogen peroksida dan soda kue

Mengaplikasikan pasta hidrogen peroksida dan soda kue pada gigi dapat membantu menghilangkan noda dan bakteri di mulut. Ini juga mencegah terjadinya plak. Campuan sendok makan hidrogen peroksida dan satu sendok makan soda kue, oleskan pada gigi dan bilas hingga bersih setelah dua menit.

5. Arang aktif

Arang aktif dapat membantu menghilangkan noda dan pigmen dari gigi. Selain itu, arang juga dapat membantu mulut untuk membuang racun dan bakteri. Anda dapat menemukan arang aktif di beberapa jenis pasta gigi. Pastikan untuk tidak menyikat secara agresif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement