Selasa 29 Dec 2020 05:59 WIB

Mengapa Penjaga Neraka Saqar Hanya 19 Malaikat? 

Neraka Saqar hanya dijaga 19 malaikat

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Neraka Saqar hanya dijaga 19 malaikat Ilustrasi Neraka
Foto: Pixabay
Neraka Saqar hanya dijaga 19 malaikat Ilustrasi Neraka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pada hari kiamat kelak, sebagai umat manusia yang tidak mematuhi perintah Allah akan ditempatkan di Neraka Saqar. Di neraka yang luas ini, Allah menugaskan 19 malaikatnya. 

Dalam Alqur'an surah Al-Muddassir ayat 30, Allah SWT berfirman: عَلَيْهَا تِسْعَةَ عَشَرَۗ "Di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga)." (QS Al-Mudassir [74]: 30).

Berdasarkan metode tafsir tahlili yang dirilis aplikasi Qur'an Kemenag, ayat ini menegaskan bahwa Saqar itu dijaga 19 malaikat yang dikepalai malaikat Malik. 

Diriwayatkan al-Baihaqi dan Ibnu Mardawaih dari al-Bara' bahwa serombongan orang Yahudi pernah bertanya kepada sebagian sahabat Nabi tentang penjaga-penjaga neraka Jahanam. 

Mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.” Kemudian turunlah Jibril kepada Rasulullah menerangkan tentang apa yang mereka tanyakan itu, seperti dalam ayat ke-30 ini. 

Lalu, mengapa Allah hanya menugaskan 19 malaikat? Allah berfirman dalam surat Al-Muddassir ayat 31:

وَمَا جَعَلْنَآ اَصْحٰبَ النَّارِ اِلَّا مَلٰۤىِٕكَةً ۖوَّمَا جَعَلْنَا عِدَّتَهُمْ اِلَّا فِتْنَةً لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْاۙ لِيَسْتَيْقِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَيَزْدَادَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِيْمَانًا وَّلَا يَرْتَابَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَالْمُؤْمِنُوْنَۙ وَلِيَقُوْلَ الَّذِيْنَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌ وَّالْكٰفِرُوْنَ مَاذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِهٰذَا مَثَلًاۗ  كَذٰلِكَ يُضِلُّ اللّٰهُ مَنْ يَّشَاۤءُ وَيَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُۗ وَمَا يَعْلَمُ جُنُوْدَ رَبِّكَ اِلَّا هُوَۗ وَمَا هِيَ اِلَّا ذِكْرٰى لِلْبَشَرِ  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement