Selasa 29 Dec 2020 05:55 WIB

Golongan yang akan Merugi Kelak pada Hari Kiamat

Terdapat orang yang akan merugi kelak hari kiamat

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat orang yang akan merugi kelak hari kiamat. Hari Kiamat (ilustrasi)
Foto: pulsk.com
Terdapat orang yang akan merugi kelak hari kiamat. Hari Kiamat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Dalam Alquran, Allah SWT memerintahkan kepada Rasulullah SAW agar membiarkan kaum musyrik menyembah patung-patung setelah diberi peringatan berkali-kali. 

Allah SWT menegaskan bahwa mereka adalah orang-orang yang merugi pada hari Kiamat, termasuk keluarganya. Allah berfirman dalam surat Az-Zumar ayat 15:

فَاعْبُدُوْا مَا شِئْتُمْ مِّنْ دُوْنِهٖۗ قُلْ اِنَّ الْخٰسِرِيْنَ الَّذِيْنَ خَسِرُوْٓا اَنْفُسَهُمْ وَاَهْلِيْهِمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِۗ  اَلَا ذٰلِكَ هُوَ الْخُسْرَانُ الْمُبِيْنُ "Maka sembahlah selain Dia sesukamu! (wahai orang-orang musyrik). Katakanlah, 'Sesungguhnya orang-orang yang rugi ialah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri dan keluarganya pada hari Kiamat'. Ingatlah! Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata". (QS Az-Zumar [39]:15)

Berdasarkan metode tafsir tahlili yang dirilis aplikasi Qur'an Kemenag, pada ayat ini Allah memerintahkan Rasul-Nya agar membiarkan kaum musyrik Makkah menyembah patung-patung itu sesuai kehendak mereka.  

Mereka telah diberi peringatan berulang-ulang dan diberi bimbingan berkali-kali. Akan tetapi, mereka masih tetap juga pada pendirian mereka mengikuti jejak nenek moyang mereka yang hanya berdasarkan dugaan-dugaan yang jauh dari kebenaran.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement