Senin 28 Dec 2020 20:32 WIB

Pejabat Tinggi Mesir Kembali Kunjungi Tripoli, Gertak Turki?

Mesir mewaspadai dukungan berkelanjutan Turki untuk Libya

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
Setelah Bertahun-tahun, Pejabat Tinggi Mesir Kembali Kunjungi Tripoli
Setelah Bertahun-tahun, Pejabat Tinggi Mesir Kembali Kunjungi Tripoli

Delegasi diplomat dan pejabat intelijen Mesir mengunjungi ibu kota Libya pada hari Minggu (27/12). Dipimpin oleh Ayman Badea, Wakil Kepala Badan Intelijen Mesir, mereka bertemu dengan pejabat senior Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) Libya yang diakui secara internasional, termasuk Menteri Dalam Negeri Fathi Bashagha, dan Kepala Intelijen di Libya barat, Emad Trapolsi.

Bashagha, yang mengunjungi Kairo bulan lalu, mencuit di akun Twitter-nya bahwa pertemuan itu "membuahkan hasil dan konstruktif," dan menggambarkan hubungan dengan Kairo sebagai "sangat penting."

"Pertemuan yang bermanfaat dan konstruktif dengan delegasi keamanan Mesir hari ini di Tripoli, di mana kami membahas langkah-langkah meningkatkan kerja sama di bidang keamanan dan intelijen dengan cara yang menjaga kepentingan kedua negara dan kawasan dari ancaman teroris dan kejahatan terorganisir," katanya.

Tarik menarik kedua belah pihak

Momen itu merupakan kunjungan pertama delegasi tingkat tinggi Mesir ke Tripoli sejak 2014, ketika Libya terlibat perang saudara antara GNA yang berbasis di Tripoli dan Tentara Nasional Libya (LNA) yang berbasis di Libya timur, yang dipimpin oleh Khalifa Haftar.

Turki dan Qatar adalah sekutu asing utama GNA, sementara LNA yang dikomandoi Haftar telah menerima dukungan dari Rusia, Uni Emirat Arab, dan Mesir.

Libya berada dalam krisis sejak 2011, ketika kampanye militer yang didukung NATO menggulingkan pemimpin lama Muammar Khadafi.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement