Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

7 Kebiasaan Buruk Penyebab Tidur tak Nyenyak

Senin 28 Dec 2020 19:42 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Foto: Tidur (Ilustrasi)

Foto: Tidur (Ilustrasi)

Foto: pxhere
Tidur memiliki peranan penting bagi kesehatan fisik dan mental.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur memiliki peranan penting bagi kesehatan fisik dan mental. Tak ayal, ketika kita tidak cukup tidur atau kualitas tidur buruk itu bisa memicu kelelahan, tidak berenergi dan perasaan kesal.

Apakah Anda termasuk orang yang sulit tidur nyenyak? Cobalah hindari 7 kebiasaan buruk berikut sebelum beranjak ke tempat tidur.

 

Baca Juga

1. Tidur dengan menyalakan heater

Di musim dingin mungkin kamu tergoda untuk menyalakan heater atau penghangat ruangan. Sayangnya, hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan ketika tidur. Sebuah penelitian pada 2019 menemukan bahwa tidur dengan pemanas ruangan dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih cepat panas.

Tim spesialis interior rumah, Hillarys, menyarankan agar tidur di ruangan yang sedikit lebih dingin agar tidur lebih nyenyak. Tak hanya itu, tidur di suhu dingin juga akan memastikan suhu otak tetap lebih rendah daripada suhu bagian tubuh yang lain.

 

2. Tidur di samping ponsel

Radiasi dari ponsel dapat memperlambat dan mengurangi kualitas tidur, sehingga membuat kita merasa lelah dan lesu keesokan harinya. Jika kamu menggunakan ponsel sebagai alarm, mungkin sekarang saatnya untuk beralih ke alarm digital sehingga ponsel bisa disimpan jauh dari tempat tidur.

“Ponsel memancarkan cahaya biru yang tidak hanya buruk untuk penglihatan tetapi juga otak. Cahaya biru menekan tingkat melatonin dalam tubuh, hormon alami yang bertanggung jawab untuk mengontrol siklus bangun tidur kita,” kata tim di Hillarys seperti dilansir dari House Beautiful pada Senin (28/12).

 

3. Tidur dengan lampu menyala

Paparan cahaya sebelum atau selama waktu tidur dapat membuat kamu sulit tidur. Karenanya, pastikan kamar gelap dan tenang. “Seperti yang kita ketahui, tidur di ruangan terang akan selalu membuat seseorang lebih sering terjaga. Menariknya, orang yang tidur kurang dari enam jam per hari ditemukan lebih gendut daripada orang yang tidur sekitar delapan sampai 10 jam,” kata tim di Hillarys.

 

4. Makan banyak sebelum tidur

Konsumsi makanan berlemak sebelum tidur dapat menyebabkan refluks asam, gangguan pencernaan, penambahan berat badan dan gangguan tidur. Jika kamu lapar di malam hari, cobalah ambil sesuatu yang sehat untuk memastikan perut keroncongan tidak mengganggu waktu tidurmu.

 

5. Olahraga hingga larut

Olahraga sampai larut malam dapat berdampak buruk pada kesehatan dan mengganggu siklus tidur kamu. Berolahraga sebelum tidur meningkatkan suhu tubuh dan menstimulasi sistem saraf yang dapat menyebabkan gangguan tidur.

 

6. Konsumsi alkohol berlebihan sebelum tidur

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Sleep Foundation, para peneliti telah mencatat hubungan antara penyalahgunaan alkohol jangka panjang dan masalah tidur kronis. Alkohol tidak hanya dapat mengurangi jumlah tidur REM seseorang, tetapi juga dapat bisa membuat kamu terus merasa ngantuk keesokan harinya.

 

7. Minum kopi sebelum tidur

Tidak bisa melewatkan malam tanpa kopi? Cobalah kopi tanpa kafein sebelum kamu pergi tidur, karena kafein akan membuat tubuh terjaga. Jika kamu akan minum kopi berkafein, sebaiknya konsumsi di pagi hari, sehingga tubuh memiliki cukup waktu untuk pulih dan kembali ke tingkat fungsi normalnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA