Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Gubernur Sumbar: Sistem Belajar Daring Harus Dipermanenkan

Senin 28 Dec 2020 19:21 WIB

Red: Ratna Puspita

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno

Foto: Republika/Febrian Fachri
Sekolah di Sumbar harus dilengkapi sarana dan prasarana daring agar tidak terkendala.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meminta agar sistem belajar dalam jaringan (daring) harus dipermanenkan walaupun nanti Covid-19 sudah mereda. Untuk itu, ia meminta setiap sekolah di Sumbar harus dilengkapi sarana dan prasarana daring agar tidak terkendala dalam penerapan sistem itu.

"Sistem daring ini sebelumnya sudah ada, namun karena alasan tidak efektif sempat hilang. Karena Covid-19, mau tidak mau kita terpaksa menggunakan daring kembali. Ke depan sistem ini akan dipermanenkan," katanya di Padang, Senin (28/12).

Baca Juga

Dinas Pendidikan Sumbar harus bekerjasama dengan Dinas Kominfo setempat untuk melakukan pemasangan perangkatnya di setiap sekolah di Sumbar. Mulai dari komputernya, jaringannya dan semua perangkat untuk sistem daring.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri mengaku siap untuk mempermanenkan sistem daring dalam pembelajaran sekolah di Sumbar. Namun, menurut dia, untuk pelaksanaannya perlu dukungan dari semua pihak.

"Untuk tingkat SMA/SMK saat ini sebagian besar sudah memiliki jaringan internet. Mana yang belum, akan diupayakan semaksimal mungkin," katanya.

Terkait pembelajaran tatap muka, ia mengatakan ada rencana dilaksanakan pada 4 Januari 2021. Namun, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi di antaranya sarana dan prasarana protokol kesehatan di masing-masing sekolah.

"Kita sudah melakukan berbagai persiapan, kepada sekolah yang akan menjalankan pembelajaran tatap muka agar mempersiapkan protokol kesehatan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan," katanya.

Ia menyebut sebagian besar orang tua mendukung pembelajaran tatap muka dilaksanakan mulai Januari 2021.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA