Senin 28 Dec 2020 16:53 WIB

Jadwal Umroh Menyesuaikan Setelah Saudi Buka Penerbangan

Penjadwalan ulang tergantung jamaah maunya kapan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Jadwal Umroh Menyesuaikan Setelah Saudi Buka Penerbangan. Aktivitas di Masjidil Haram (ilustrasi)
Foto: republika
Jadwal Umroh Menyesuaikan Setelah Saudi Buka Penerbangan. Aktivitas di Masjidil Haram (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Sub Direktorat Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umrah dan Haji Khusus Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag) Noer Aliya Fitra (Nafit) menyatakan, kebijakan larangan masuk Arab Saudi melalui jalur darat, laut dan udara berimbas pada keberangkatan calon jamaah umroh yang sudah mendaftar dan membayar.

"Jelas terimbas. Mereka tidak akan jadi berangkat. Penjadwalan ulang menunggu sampai Saudi membuka kembali penerbangan. Nggak mungkin kita jadwal ulang kalau belum dibuka. Karena itu kebijakan Saudi dan kita tidak bisa mencampuri," ujarnya kepada Ihram.co.id, Senin (28/12).

Baca Juga

Pemerintah tetap memantau calon jamaah umroh yang sudah mendaftar dan membayar tetapi belum diberangkatkan hingga kini. Kemenag beberapa kali mengadakan pertemuan dengan seluruh Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) melalui daring. Dalam kesempatan itu, Kemenag telah menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan PPIU.

Di antaranya, Kemenag meminta PPIU memprioritaskan jamaah yang memenuhi syarat untuk berangkat, yaitu yang sudah mendaftar dan membayar. Selanjutnya, jika calon jamaah menunda keberangkatan, maka PPIU wajib memberangkatkannya saat mereka ingin berangkat. Misalnya, setelah pandemi berakhir atau vaksin sudah ada.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement