Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Pemudik Reaktif Ditemukan di Berbagai Lokasi di Banyumas

Senin 28 Dec 2020 16:33 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih

Pengunjung menjalani rapid test antigen. ilustrasi

Pengunjung menjalani rapid test antigen. ilustrasi

Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pemkab Banyumas dan Cilacap menggelar rapid tes antigen secara acak.

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Kegiatan rapid tes antigen dilakukan Pemkab Cilacap di berbagai lokasi sejak Ahad (27/12) hingga 3 Januari 2021. Kegiatan tes antigen menyasar di terminal Kota Cilacap dan Terminal Karangpucung.

Pelaksanaan rapid tes antigen yang dilaksanakan di berbagai lokasi pada masa libur akhir tahun ini, menemukan beberapa orang yang terbukti reaktif Covid 19. ''Warga yang hasil tes antigennya reaktif, umumnya tidak menunjukkan gejala,'' kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr Pramesti Griana Dewi, Senin (28/12).

Baca Juga

Pelaksanaan tes, dilaksanakan secara acak karena per hari hanya dijatah 20 tes rapid tes antigen. Pada hari pertama, pelaksanaan rapid tes antigen dilaksanakan di Terminal Kota Cilacap dengan menyasar awak bus dan penumpang yang baru tiba dari luar kota.

Hasilnya, dari 20 orang yang dilaksanakan rapid tes antigen, ada satu orang yang hasilnya positif. ''Orang ini langsung dibawa ke Hotel @HOM Cilacap untuk melakukan isolasi,'' jelasnya.

Sementara di Kabupaten Banyumas, kegiatan rapid tes antigen untuk memantau pemudik dilakukan di jembatan timbang Ajibarang. Kegiatan rapid tes antigen juga dilakukan secara acak, mengingat per hari hanya dijatah 50 kali pelaksanaan tes.

''Rapid tes antigen dilakukan secara acak terhadap pemudik yang melintas dengan menggunakan mobil pribadi maupun bus,'' jelas Kepala UPT Jembatan Timbang Ajibarang, Hadi Suharto.

Dia menyebutkan, kegiatan swab antigen ini sudah dilakukan sejak 22 Desember hingga 3 Januari 2021 mendatang. ''Sejauh ini, kami baru menemukan seorang pemudik yang hasilnya reaktif Covid 19,'' jelasnya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA