Senin 28 Dec 2020 17:13 WIB

RSHS Bandung Prediksi Lonjakan Kasus Covid-19 Akhir Tahun hingga 30%

Kasus Covid-19 selalu mengalami kenaikan selepas dilaksanakannya libur panjang.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Libur dan naiknya kasus covid-19
Libur dan naiknya kasus covid-19

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kasus Covid-19 selalu mengalami kenaikan selepas dilaksanakannya libur panjang. Hal serupa juga diprediksi akan terjadi selepas libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Direktur Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung Nina Susana Dewi mengatakan, prediksi lonjakan kasus di akhir tahun bisa mencapai 30%. Oleh karenanya, pihaknya saat ini tengah menyiapkan fasilitas guna menampung pasien Covid-19 yang kemungkinan bertambah.

"Sekarang ini menjelang akhir tahun, kita harus siap sedia dengan lonjakan kasus yang diprediksikan bisa mencapai 20%-30%," ungkap Nina di RSHS Bandung, Senin (28/12/2020).

Dia mengatakan, RSHS sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 yang utama di Jawa Barat telah menyiapkan skema pemenuhan fasilitas bila lonjakan pasien mencapai 100%. Salah satunya dengan memfungsikan seluruh lantai Gedung Kemuning sebagai tempat perawatan pasien Covid-19.

"Pertama, bila pasien meningkat 20%-50%, kami telah mengubah lantai 5 Gedung Kemuning menjadi tempat isolasi dengan tambahan 40 tempat tidur. Sehingga seluruhnya ada 195 tempat tidur," ungkapnya.

Sementara itu, bila pasien Covid-19 membeludak di kisaran 50%-100%, ruang isolasi lain harus disiapkan. Bila lonjakan ada di angka ini, ruang rawat umum di sekitar Gedung Kemuning akan dipakai untuk pasien Covid-19.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement