Senin 28 Dec 2020 13:42 WIB

Selama Libur Natal, Konsumsi BBM di Ruas Tol Naik 400 Persen

Kenaikan konsumsi BBM tertinggi pada periode 23 Desember- 25 Desember

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Dwi Murdaningsih
Sebagai upaya antisipasi peningkatan konsumsi selama hari raya natal dan tahun baru 2021 di tol Trans Jawa, Pertamina wilayah Jawa Bagian Tengah menyiapkan tambahan pelayanan mengingat jarak SPBU di beberapa ruas tol trans Jawa masih berjauhan.
Foto: istimewa
Sebagai upaya antisipasi peningkatan konsumsi selama hari raya natal dan tahun baru 2021 di tol Trans Jawa, Pertamina wilayah Jawa Bagian Tengah menyiapkan tambahan pelayanan mengingat jarak SPBU di beberapa ruas tol trans Jawa masih berjauhan.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Momentum libur Natal tetap dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beraktivitas. Hal ini dapat diketahui dari lonjakan signifikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), yang berada di sepanjang ruas Tol Trans Jawa.

PT Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) mencatat, pada momentum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) terhitung mulai 23 Desember 2020 hingga 27 Desember 2020 mencatat lonjakan konsumsi BBM hingga 400 persen, di ruas Tol Trans Jawa.

Baca Juga

“Kenaikan konsumsi BBM tertinggi pada periode 23 Desember- 25 Desember 2020, tercatat mencapai 636 kilo liter per hari,” ucap Pejabat sementara (Pjs.) Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT), Marthia Mulia Asri, Senin (28/12).

Menurut Marthia, konsumsi BBM tertinggi terpantau di dua SPBU yang berada di Rest Area Tol Trans Jawa arah Surabaya, masing- masing di SPBU Rest Area KM 379 A (Gringsing) serta SPBU rest Area KM 429 A (Ungaran).

Konsumsi BBM di SPBU KM 379 A mencapai 192 KL per hari atau mengalami lonjakan hingga 400 persen jika dibandingkan dengan rata- rata konsumsi harian BBM di awal bulan Desember 2020 yang hanya mencapaai 40 KL per hari.

Hal serupa juga terpantau di SPBU Rest Area KM 429 A, yang mengalami lonjakan hingga 212 KL per hari, atau mengalami lonjakan sekitar 400 persen, jika dibandingkan dengan rata- rata konsumsi harian BBM di awal bulan Desember 2020 yang hanya mencapaai 50 KL per hari.

Ia juga mengungkapkan, peningkatan konsumsi BBM di ruas Tol Trans Jawa yang tertinggi adalah produk Pertamax Turbo dan Pertamax, khususnya untuk BBM jenis gasoline.

Konsumsi Pertamax Turbo tercatat meningkat hingga 16 KL per hari (80 persen) jika dibandingkan dengan konsumsi BBM jenis yang sama di bulan November 2020, yang hanya berkisar 9 KL per hari.

“Sementara untuk gasoline jenis Pertamax mengalami peningkatan konsumsi hingga 67 KL per hari atau mengalami peningkatannya sebesar 51 persen jika dibandingkan dengan konsumsi bulan sebelumnya sebesar 44 KL per hari,” lanjutnya.

Sedangkan unuk lonjakan Peningkatan konsumsi BBM gasoline (Pertamax Series) juga diikuti dengan peningkatan konsumsi BBM berkualitas jenis gasoil, yaitu Pertamina Dex dan Dexlite.

Untuk BBM jenis Pertamina Dex meningkat hingga 27 KL per hari atau sebesar 119 persen dari rata-rata konsumsi harian bulan sebelumnya yang hanya sebesar 12 KL per hari. “Sementara untuk BBM jenis Dexlite meningkat menjadi 11 KL (71 persen) dari 6 KL per hari,” kata dia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement