Senin 28 Dec 2020 14:36 WIB

Keutamaan Nabi Isa Sebagai Tanda Kebesaran Allah

Keutamaan Nabi Isa Sebagai Tanda Kebesaran Allah.

Rep: Alkhaeledi Kurnialam/ Red: Muhammad Hafil
Keutamaan Nabi Isa Sebagai Tanda Kebesaran Allah. Foto: Ilustrasi Lafadz Allah
Foto: Foto : MgRol112
Keutamaan Nabi Isa Sebagai Tanda Kebesaran Allah. Foto: Ilustrasi Lafadz Allah

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA—Berbagai keutamaan yang dimiliki Nabi Isa ini menjadi tanda kebesaran Allah, seperti yang tertulis dlam Alquran surat Al-Mu'minun ayat 50:

وَجَعَلْنَا ٱبْنَ مَرْيَمَ وَأُمَّهُۥٓ ءَايَةً وَءَاوَيْنَٰهُمَآ إِلَىٰ رَبْوَةٍ ذَاتِ قَرَارٍ وَمَعِينٍ

Baca Juga

"Dan telah Kami jadikan (Isa) putera Maryam beserta ibunya suatu bukti yang nyata bagi (kekuasaan Kami), dan Kami melindungi mereka di suatu tanah tinggi yang datar yang banyak terdapat padang-padang rumput dan sumber-sumber air bersih yang mengalir."

Jauh sebelum Nabi Isa lahir, Allah bahkan telah memberitahu ibu Nabi Isa, Maryam binti Imran, tentang dirinya yang akan melahirkan seorang putra yang istimewa. Seorang anak yang akan memiliki kedudukan yang besar di masyarakatnya di dunia dan juga di akhirat.

Maryam juga diberitahu akan memiliki anak yang diciptakan melalui Kalam-Nya. Nabi Isa juga nantinya akan menjadi salah seorang hamba Allah yang didekatkan kepada-Nya.

Allah berfirman dalam surat Ali Imran ayat 45:

قَالَتِ الْمَلائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ يُبَشِّرُكِ بِكَلِمَةٍ مِنْهُ اسْمُهُ الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ وَجِيهًا فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِينَ

 "(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih 'Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)."

Dalam Tafsir Al-Muyassar dari Kementerian Agama Arab Saudi, ayat ini memiliki tafsir:

"Ingatlah -wahai Rasul- ketika Malaikat berkata, “Wahai Maryam, sesungguhnya Allah memberikan kabar gembira kepadamu tentang anak yang Dia ciptakan tanpa seorang ayah, melainkan dengan kalimat dari Allah, yaitu dengan mengatakan, ‘Jadilah!’, maka jadilah seorang anak dengan izin Allah. Dan nama anak itu ialah Al-Masih Isa bin Maryam. Dia memiliki kedudukan yang tinggi di dunia dan di akhirat. Dan dia termasuk orang-orang yang didekatkan kepada Allah Ta'ala."

Dari semua keutamaan tersebut, ditambah beberapa mukjizat yang diberikan Allah seperti lahir tanpa ayah, dapat berbicara saat masih dalam buaian, menyembuhkan orang buta hingga menghidupkan orang mati adalah bukti-bukti kebesaran Allah.

Allah berfirman dalam surat Maryam ayat 21:

قَالَ كَذَٰلِكِ قَالَ رَبُّكِ هُوَ عَلَىَّ هَيِّنٌ ۖ وَلِنَجْعَلَهُۥٓ ءَايَةً لِّلنَّاسِ وَرَحْمَةً مِّنَّا ۚ وَكَانَ أَمْرًا مَّقْضِيًّا

"Demikianlah". Tuhanmu berfirman: "Hal itu adalah mudah bagi-Ku; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan." 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement