Senin 28 Dec 2020 12:36 WIB

Demi Kualitas Tidur, Ini Cara Tepat Memilih Sleep Mask

Berat dari sleep mask ternyata memengaruhi tidur, terutama terkait stres.

Masker tidur merupakan barang wajib bawa saat terbang lama.
Foto: alittleark.com
Masker tidur merupakan barang wajib bawa saat terbang lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Percaya atau tidak, penggunaan masker tidur ternyata dapat memengaruhi kualitas tidur. Para dokter dan ahli masalah gangguan tidur atau somnolog pun menyebutkan beberapa manfaat dari penggunaan masker tidur.

Akan tetapi penting bagi Anda untuk memilihnya dengan tepat. Saat memilih masker tidur, perhatikan bentuk, ukuran, bahan, dan bahkan beratnya. Masker tidur harus nyaman, tidak terlalu ketat, atau gatal, jika tidak maka akan menggagalkan tujuannya. Berikut cara memilihnya dikutip dari Boldsky, Senin (28/12)

Ukuran

Pilihlah masker yang terpasang nyaman di wajah. Agar tidak terlalu kencang, beli yang talinya bisa disesuaikandengan kenyamanan namun tetap bisa menghalangi cahaya.

Bahan

Masker tidur berbahan katun memberikan rasa yang lembut, masker sutra juga sangat nyaman (tapi agak mahal), atau Anda dapat menggunakan masker kombinasi yang memiliki eksterior sutra dan isian poliester. Anda juga bisa mencoba foam sleep mask.

Berat

Sebagian besar masker tidur memiliki bobot yang ringan, Anda juga bisa mencoba masker mata dengan sedikit berat yang bisa memberikan tekanan ringan sehingga mengurangi stres.

Warna

Beberapa masker terbuat dari kain berwarna terang yang tidak akan menghalangi cahaya sepenuhnya. Namun jika Anda ingin tidur yang benar-benar tidak terganggu, belilah yang memiliki efek gelap sehingga tidak ada cahaya sama sekali.

Cobalah masker yang terbuat dari 100 persen bahan alami yang dapat bernapas seperti katun atau sutra dan cucilah secara teratur dengan deterjen bebas pewangi dan jangan gunakan pelembut kain apa pun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement