Senin 28 Dec 2020 11:12 WIB

Nuro, Mobil Otonom Kurir Piza dan Makanan di Kalifornia

Nuro menerima izin komersial pertama negara bagian untuk pengiriman otonom.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Mobil otonom Nuro mendapat izin untuk dipakai mengantarkan barang kepada pelanggan di California, AS.
Foto: Nuro
Mobil otonom Nuro mendapat izin untuk dipakai mengantarkan barang kepada pelanggan di California, AS.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Bahan makanan, piza, dan obat-obatan sekarang dapat dikirim melalui kendaraan robotik. Nuro, perusahaan startup robotika, menerima izin komersial pertama negara bagian untuk pengiriman otonom di Kalifornia.

Dilansir dari Business Insider, Senin (28/12),  jalanan San Francisco dan Silicon Valley telah ramai dengan kendaraan tanpa pengemudi dari berbagai perusahaan selama bertahun-tahun. Namun kendaraan tersebut baru diberi izin uji coba di jalan umum.

Baca Juga

Sekarang, Departemen Kendaraan Bermotor California telah memberikan izin kepada  Nuro untuk memulai layanan berbayarnya.

“Penerbitan izin penggunaan pertama merupakan tonggak penting dalam evolusi kendaraan otonom di Kalifornia. Kami akan terus memperhatikan keselamatan publik otomotif seiring perkembangan teknologi ini,” kata Direktur DMV, Steve Gordon dalam sebuah pernyataan.

Pada 2017, Kalifornia telah memberikan persetujuan Nuro untuk menguji kendaraannya dengan keselamatan pengemudi di dalamnya. Pada April 2020, perusahaan dapat memulai pengujian tanpa pengemudi. Saat ini, perusahaan yang berbasis di Mountain View ini dapat menggunakan kendaraannya untuk pengiriman berbayar.

Nuro memulai layanan dengan kendaraan Prius yang dimodifikasi yang diatur dalam mode otonom penuh. Selanjutnya, perusahaan itu meluncurkan armada kendaraan R2-nya, yang tidak memiliki kursi pengemudi. Hal tersebut diungkapkan oleh kepala petugas hukum dan kebijakan David Estrada, dalam sebuah unggahan blog.

Nuro, pada awal 2020 mendapat izin dari pemerintah AS untuk menyingkirkan spion pada armada R2-nya karena tidak memiliki kursi atau setir.

Kendaraan memiliki kecepatan tertinggi 35 mph. Kendaraan ini beroperasi dengan pencitraan termal, radar dan kamera 360 derajat untuk dikendarai di jalan umum.

Pengiriman akan dimulai di dua komunitas di dekat markas Nuro. Perusahaan itu mengatakan pengiriman tanpa sopir akan memiliki “dampak besar” pada warga California, baik selama dan setelah pandemi.

Nuro mengatakan mereka akan membantu orang yang tidak mengemudi dan membantu membuat kehidupan keluarga besar yang sibuk menjadi efisien. Perusahaan memiliki ambisi di luar pengiriman bahan makanan lokal.

Nuro pekan lalu mengumumkan telah mengakuisisi Ike, sebuah startup truk otonom, dengan jumlah yang tidak diungkapkan.

Di antara beberapa paten yang diajukan oleh Nuro, salah satu nya adalah yang merinci bagaimana iklan dapat bekerja di sisi kendaraan yang bisa mengemudi sendiri.

Paten tersebut menjelaskan bagaimana sensor kendaraan yang mengemudi sendiri akan mengambil informasi tentang sekelilingnya. Selanjutnya, menayangkan iklan di sisi kendaraan berdasarkan masukan tersebut. Jika hujan, misalnya, kendaraan mungkin menampilkan iklan payung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement