Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Setelah Van Dijk dan Gomez, Kini Giliran Matip Tersungkur

Senin 28 Dec 2020 09:17 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Joel Matip.

Joel Matip.

Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Kini Liverpool mengalami krisis di lini belakang.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, terpaksa menarik Joel Matip pada menit ke-60 kala The Reds menerima lawatan West Bromwich Albion pada pekan ke-15 Liga Primer Inggris, Senin (28/12) dini hari WIB. Bek tengah kelahiran Jerman itu mengalami cedera paha dan digantikan oleh Rhys Williams. 

Matip, yang menyumbang asisst di satu-satunya gol Liverpool di laga itu, terlihat tidak bisa melanjutkan laga dan memegangi pahanya pada menit ke-58 laga. Akhirnya, setelah mendapatkan pemeriksaan tim medis Liverpool, Matip dianggap tidak bisa melanjutkan laga. Posisi Matip, sebagai tandem Fabinho di jantung pertahanan Liverpool di laga itu, akhirnya digantikan Williams pada menit ke-60.

Dengan cedera paha ini, pemain berusia 29 tahun itu memperpanjang daftar bek tengah The Reds, yang mesti masuk ruang perawatan. Sebelumnya, The Reds telah kehilangan Virgil Van Dijk (cedera ACL) dan Joe Gomez (cedera tendon). Kedua pemain tersebut mengalami cedera lutut. Sementara Van Dijk absen sejak Oktober, Gomez menghilang dari skuat The Reds sejak November silam.

Meski masih akan menunggu hasil pemeriksaan tim medis secara lebih lengkap, tapi Klopp menilai, cedera yang dialami Matip cukup parah. ''Dia sempat mengatakan mengalami masalah pada pahanya, dan itu tidak bagus. Saya belum yakin seberapa parah, tapi dengan kondisinya yang harus meninggalkan pertandingan, rasanya cedera itu cukup serius,'' tutur Klopp seperti dilansir Sky Sports, Senin (28/12).

Pelatih asal Jerman itu pun menyesalkan cedera yang menimpa Matip. Sempat mengalami masalah kebugaran pada awal musim ini, eks bek tengah Schalke 04 itu sebenarnya telah kembali fit dan mulai menemukan ritme permainan terbaiknya. Matip juga telah tampil secara reguler di dua laga terakhir The Reds di pentas Liga Primer Inggris. Pada pertengahan musim lalu, Matip sempat mengalami cedera lutut.

''Ini bukan pertama kalinya kami kehilangan bek tengah akibat cedera. Ini menjadi hal yang buruk, terutama saat Matip sebenarnya sudah cukup bugar. Namun, kami tidak bisa mengubahnya dan harus menerima, sembari berusaha untuk terus bertahan dengan kondisi ini,'' ujar mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Cedera Matip ini membuat Klopp tidak memiliki bek tengah senior di tim utama The Reds. Rhys Williams, Nathaniel Phillips, dan Sepp van den Berg menjadi opsi bek tengah yang tersisa di skuat The Reds. Sebelumnya, Klopp sempat menemukan cara untuk bisa menjawab minimnya opsi pemain di jantung pertahanan, yaitu dengan mengeser posisi bermain Fabinho, yang sebenarnya berposisi asli sebagai bek tengah. 

Namun, langkah itu kini sepertinya tidak cukup buat The Reds untuk mengarungi paruh kedua kompetisi pada musim ini. The Reds dinilai tengah membutuhkan dan diharapkan bisa mendatangkan bek tengah anyar pada bursa transfer Januari mendatang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA