Senin 28 Dec 2020 08:07 WIB

Ruang Isolasi Covid-19 RSUD dr Slamet Garut Terisi 100%

RSUD dr Slamet hanya menampung pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 RSUD dr Slamet hanya menampung pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat.
RSUD dr Slamet hanya menampung pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat.

GARUT, AYOBANDUNG.COM -- Tingkat keterisian ruangan isolasi untuk pasien Covid-19 di RSUD dr Slamet Kabupaten Garut telah mencapai 100% per Minggu (27/12/2020) pagi. Tak ada ruangan tersisa untuk menampung pasien Covid-19.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD dr Slamet, Zaini Abdillah mengatakan, sebanyak 101 tempat tidur yang tersedia untuk pasien Covid-19 sudah seluruhnya terisi. Sebanyak 94 orang merupakan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, enam pasien suspek dengan komorbid (penyakit penyerta), dan satu pasien probable dengan gejala sedang.

"Semua penuh. Tapi itu setiap waktu akan terus fluktuatif," kata dia saat dihubungi Republika. 

Menurut dia, saat ini RSUD dr Slamet hanya menampung pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat atau kritis. Sementara pasien Covid-19 tanpa gejala hingga gejala ringan diarahkan ke rumah sakit darurat Medina atau tempat isolasi terpusat yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Garut.

Zaini mengatakan, untuk mengatasi penuhnya ruang isolasi di RSUD dr Slamet, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah rencana. Pertama, pasien yang kondisinya sudah membaik dapat dipindahkan ke rumah sakit darurat Covid-19 atau tempat isolasi lainnya.

Dengan begitu, ruangan di RSUD dr Slamet tak seluruhnya penuh sehingga dapat menerima pasien dengan gejala jika sewaktu-waktu ditemukan. 

"Namun pemindahan itu tak bisa dilakukan sembarangan," kata dia.

Rencana selanjutnya, Zaini menambahkan, pihaknya dapat menambah ruang isolasi di RSUD dr Slamet. Namun, untuk menambah ruangan isolasi harus mempertimbangkan ruangan untuk pelayanan pasien umum lainnya. Sebab, RSUD dr Slamet tetap harus melayani pasien penyakit umum lainnya.  

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement