Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Rumah Sakit Kekurangan SDM untuk Tangani Covid-19

Senin 28 Dec 2020 02:15 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Kepala Dinkes Cirebon menuturkan beberapa RS kekurangan SDM tangani Covid-19. Ilustrasi.

Kepala Dinkes Cirebon menuturkan beberapa RS kekurangan SDM tangani Covid-19. Ilustrasi.

Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah
Kepala Dinkes Cirebon menuturkan beberapa RS kekurangan SDM tangani Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON - Beberapa rumah sakit (RS) saat ini kekurangan sumber daya nanusia (SDM) kesehatan untuk penanganan Covid-19. Pernyataan ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni.

"Sekarang di dua rumah sakit daerah saja kita kekurangan SDM untuk ditempatkan di ruang isolasi," kata Enny di Cirebon, Ahad.

Baca Juga

Enny menerangkan ruang isolasi di rumah sakit saat ini memang banyak yang terisi penuh. Karena itu pihaknya terus mengupayakan penambahan ruang bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Dia menuturkan kekurangan ruang isolasi itu juga dikarenakan tenaga kesehatan atau SDM yang ada tidak cukup. "Kita mau tambah ruang isolasi, tapi SDM-nya susah dicari. Kemungkinan nanti ada rekrutmen baru," ujarnya.

Enny menambahkan pada Ahad (27/12) total kasus positif Covid-19 aktif di Kabupaten Cirebon sebanyak 678 orang. Rinciannya adalah 433 orang menjalani isolasi di rumah sakit dan 245 lainnya isolasi mandiri.

Sedangkan untuk total kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon berjumlah 3.643 orang dengan 2.751 sembuh, 214 meninggal dunia, serta 678 dalam perawatan. "Kalau untuk kasus bergejala di Kabupaten Cirebon saat ini hampir seimbang. Bahkan untuk kasus yang aktif terbanyak bergejala," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA