Ahad 27 Dec 2020 22:36 WIB

MUI Bangka Tengah Gelar Pengkaderan Khatib

Pengkaderan khatib ini penting karena ada beberapa rukun yang wajib diketahui.

MUI Bangka Tengah Lakukan Pengkaderan Khatib (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Ampelsa
MUI Bangka Tengah Lakukan Pengkaderan Khatib (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,BANGKA BELITUNG -- Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar kegiatan pengkaderan khatib dalam rangka menciptakan para penceramah yang memiliki disiplin ilmu dan berwawasan.

"Pengkaderan khatib ini penting karena ada beberapa rukun yang wajib diketahui," kata Ketua MUI Bangka Tengah, Khoirul Faidzin saat memberikan materi kepada 30 kader khatib di Masjid Simpang Jongkong, Koba, Ahad (27/12).

Ia mengharapkan sebanyak 30 peserta kaderisasi khatib tersebut mampu menyerukan kalimat yang menyejukkan kepada masyarakat, menyerukan perdamaian dan persatuan umat.

"Melalui pengkaderan ini tentu kami mengharapkan lahir khatib dari generasi baru yang menyampaikan kalimat lebih menyejukkan, tidak provokatif dan ujaran kebencian," ujarnya.

 

Ia mengatakanpengkaderan khatib juga untuk mengantisipasi kekurangan penceramah yang akan mengisi khutbah Jumat pada setiap masjid yang ada di daerah itu.

"Pengkaderan juga untuk melahirkan khatib yang benar-benar cakap, berilmu dan bertanggung jawab kepada umat," ujarnya.

Ia juga mengatakan,l khatib bertanggung jawab menyerukan bahwa Islam sebagai agama rahmat bagi seluruh alam dan menyerukan tentang akhlak yang baik.

"Melalui mimbar khutbah, tentu diharapkan para khatib menyerukan dan menyampaikan bahwa Islam itu agama rahmat bagi seluruh alam dan agama yang membawa kesejukan serta kedamaian," ujarnya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement