Ahad 27 Dec 2020 22:02 WIB

Gambaran Betapa Rahmat Allah SWT Mengalahkan Murka-Nya

Rahmat Allah SWT lebih luas ketimbang murka-Nya

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Rahmat Allah SWT lebih luas ketimbang murka-Nya . Ilustrasi Allah
Foto: ANTARA FOTO/Jojon
Rahmat Allah SWT lebih luas ketimbang murka-Nya . Ilustrasi Allah

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA- Rahmat Allah SWT sangatlah luas. Bahkan rahmat-Nya mengalahkan murka-Nya. Ini membuktikan bahwa Allah Mahapemberi ampunan dan tobat.

عن أبي هريرة، رضي اللَّهُ عنه، قَالَ: قَالَ رسُولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم: "لَمَّا خَلَقَ اللَّهُ الخَلْقَ، كَتَبَ في كِتَابٍ، فَهُوَ عِنْدَهُ فَوْقَ العَرْشِ: إِنَّ رَحْمتي تَغْلِبُ غَضَبِي"

Baca Juga

Dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW, beliau berkata, "Tatkala Allah menciptakan makhluk-Nya, Dia menulis dalam kitab-Nya, yang kitab itu terletak di sisi-Nya di atas 'Arsy, "Sesungguhnya rahmat-Ku lebih mengalahkan kemurkaan-Ku." (HR Bukhari no 7404 dan Muslim no 2751). 

Hadits tentang luasnya rahmat Allah SWT  juga pernah diriwayatkan  Umar bin Khattab RA. 

 

عن عمر بن الخطاب قال: قَدِمَ على النبي صلَّى الله عليه وسلَّم بسبي، فإذا امرأة من السبي تسعى إذ وجدت صبيًّا في السبي أخذتْه فألصقتْه ببطنها وأرضعته فقال لنا النبي صلَّى الله عليه وسلَّم: أترون هذه طارحة ولدها في النار قلنا لا، وهي تقدر على ألا تطرحه، فقال الله أرحم بعباده من هذه بولدها

Satu ketika Rasulullah kedatangan rombongan tawanan perang. Di tengah-tengah rombongan itu ada seorang ibu yang sedang mencari-cari bayinya. Ketika dia berhasil menemukan bayinya di antara tawanan itu, maka dia pun memeluknya erat-erat ke tubuhnya dan menyusuinya.  

Rasulullah bertanya kepada kami, “Apakah menurut kalian ibu ini akan tega melemparkan anaknya ke dalam kobaran api?” Kami menjawab, “Tidak mungkin, demi Allah. Sementara dia sanggup untuk mencegah bayinya terlempar ke dalamnya.” Maka Rasulullah bersabda, “Sungguh Allah lebih sayang kepada hamba-hamba-Nya daripada ibu ini kepada anaknya.” (HR Bukhari no 5999 dan Muslim no 2754). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement