Ahad 27 Dec 2020 12:08 WIB

Guardiola Sebut Timnya Tampil Sempurna Kontra Newcastle

Menurut dia, tadi adalah penampilan terbaik timnya musim ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manager Manchester City, Pep Guardiola, menilai gol dan kemenangan merupakan buah dari hasil kerja keras.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Manager Manchester City, Pep Guardiola, menilai gol dan kemenangan merupakan buah dari hasil kerja keras.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Lewat dua gol, yang masing-masing dicetak Ferran Torres dan Ilkay Gundogan, Manchester City menyudahi perlawanan tamunya, Newcastle United, 2-0, pada pekan ke-15 Liga Primer Inggris, Ahad (27/12) dini hari WIB. Kemenangan di laga Boxing Day itu pun mengantarkan The Citizen merangsek ke peringkat kelima klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Dengan masih mengantongi satu laga sisa, City bertengger di peringkat kelima dengan raihan 26 poin dari 14 laga. Runner-up Liga Primer Inggris musim lalu itu hanya terpaut tiga poin dari peringkat kedua klasemen sementara, yang ditempati Everton. Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, pun memuji performa anak-anak asuhnya di laga kontra The Magpies tersebut.

Menurutnya, performa inilah yang diharapkan dari para penggawa The Citizen. Bahkan, pelatih asal Spanyol itu menyebut, terlepas dari kegagalan menambah gol, tapi performa City di laga ini merupakan performa terbaik hingga sejauh musim ini telah berjalan. 

''Ini adalah penampilan terbaik kami pada sepanjang musim ini. Kami menerapkan tempo permainan yang tepat dan penempatan posisi pemain yang sempurna. Saya sangat puas dengan cara kami bermain dan meraih kemenangan,'' ujar Guardiola seperti dilansir Manchester Evening News, Ahad (27/12).

Di laga tersebut, City memang tampil begitu dominan. Tidak hanya soal pengusaan bola, City juga begitu nyaman dalam mengalirkan bola. Tercatat, City melepaskan 859 operan di laga itu, berbanding 262 operan yang dikemas The Magpies. Pun dengan efektivitas tembakan. Dari 11 tembakan yang dilepaskan City, enam tembakan tepat mengarah ke gawang tamunya tersebut.

City juga bisa membuka keunggulan saat laga baru berjalan 14 menit via torehan Gundogan. The Citizen kemudian menggandakan keunggulan sekaligus menuntaskan perlawanan The Magpies via gol dari Ferran Torres pada menit ke-55. ''Dari segi torehan gol, mungkin kami seharusnya bisa menambah gol. Namun, hal yang terpenting saat ini adalah torehan tiga angka dan secara perlahan memperbaiki posisi kami di klasemen sementara,'' tutur Guardiola.

Mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu berharap, tren positif penampilan anak-anak asuhnya ini bisa terus terjaga di laga selanjutnya. Terlebih, kurang dari dua hari pasca laga kontra The Magpies, City sudah harus tampil menghadapi Everton pada pekan ke-16 Liga Primer Inggris, Selasa (28/12) waktu setempat.

Guardiola pun mengakui, dengan berbagai kendala yang dihadapi masing-masing tim, terutama dengan adanya pandemi Covid-19, Liga Primer Inggris musim ini merupakan musim yang sedikit aneh. Untuk itu, para penggawa The Citizen mesti tetap tenang dalam kondisi apapun. 

''Saat ini bukanlah waktu yang tepat buat kami untuk berhenti. Kurang dari 48 jam, kami akan kembali tampil. Kami masih jauh dari papan atas klasemen sementara. Pekan lalu, kami berada di posisi kesepuluh. Ada sejumlah hasil aneh yang ditorehkan tim-tim lain. Pada musim ini, Anda harus bisa tetap tenang, baik dalam kondisi yang sulit atau bagus,'' kata Guardiola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement