Ahad 27 Dec 2020 10:20 WIB

BMKG: Bandung Kembali Diguyur Hujan Sedang

Hujan dengan intensitas sedang diprakirakan akan terjadi lagi di wilayah Bandung raya

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Hujan dengan intensitas sedang diprakirakan akan terjadi lagi di wilayah Bandung raya
Hujan dengan intensitas sedang diprakirakan akan terjadi lagi di wilayah Bandung raya

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hujan dengan intensitas sedang diprakirakan akan terjadi lagi di wilayah Bandung raya pada Minggu (27/12/2020). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan akan mengguyur sejak siang hingga sore.

Pada pagi hari, cuaca Bandung akan cerah berawan dan berangsur mendung. Suhu Bandung hari ini berkisar di angka 22 derajat Celcius pada malam hari dan 29 derajat Celcius pada siang hari.

Hujan akan turun merata di seluruh wilayah Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Bandung.

Fenomena hujan deras di Bandung

Badan Meteorologi, Klimatologi dam Geofisika (BMKG) mengungkapkan, hujan deras yang terjadi di Kota Bandung dan sekitarnya terjadi akibat terdapat pola angin yang melambat. Dampak dari pelambatan tersebut, awan hujan terkumpul di Bandung.

Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan, pola angin yang melambat disebabkan oleh kondisi dinamika atmosfer lapisan udara yang selalu berubah. Menurutnya, gangguan yang cukup signifikan membuat perlambatan massa udara di bagian Barat Jawa Barat.

"Kondisi ini mendukung pertumbuhan awan-awan di antaranya di wilayah Jawa Barat," ujarnya, Jumat (24/12/2020).

Dia menambahkan, terdapat pertumbuhan awan konvektif atau Cumulonimbus pada siang hingga sore kemarin.

Tony mengatakan, kondisi tersebut diperkirakan menyebabkan hujan deras dan terjadi banjir. Menurutnya, cuaca ekstrem diperkirakan masih ada dan potensi banjir terjadi terlebih Jawa Barat masih berada di masa musim hujan.

"Waspada potensi hujan yang disertai kilat atau petir dan angin kencang," ungkapnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement