Ahad 27 Dec 2020 07:23 WIB

Arkeolog Temukan Kedai Makanan Jalanan Kuno di Pompeii

Kedai makanan jalanan kuno ini diperkirakan berusia hampir 2.000 tahun.

Pompeii
Foto: Amusingplanet
Pompeii

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Para arkeolog telah membuat penemuan luar biasa di Pompeii, kota yang terkubur dalam letusan gunung berapi pada tahun 79 Masehi. Penemuan luar biasa ini adalah bangunan kedai yang menyajikan makanan pinggiran jalan (street food) di zaman Romawi.

Dikenal sebagai termopolium, bahasa Latin untuk konter makanan dan minuman panas, toko itu ditemukan di situs Regio V di taman arkeologi, yang belum dibuka untuk umum, dan diresmikan pada hari Sabtu (26/12) seperti dilansir AP.

Baca Juga

Jejak kedai makanan berusia hampir 2.000 tahun ini berupa beberapa wadah tembikar yang ditanam di dalam meja dengan lubang melingkar. Wadah-wadah tembikar tersebut kemungkinan digunakan sebagai tempat menyajikan makanan panas. Bagian depan konter dihias dengan lukisan dinding berwarna cerah, beberapa menggambarkan binatang yang menjadi bagian dari bahan makanan yang dijual, seperti ayam dan dua ekor bebek yang digantung terbalik.

“Ini adalah penemuan yang luar biasa. Ini pertama kalinya kami menggali seluruh termopolium, "kata Massimo Ossana, direktur taman arkeologi Pompeii.

Arkeolog juga menemukan mangkuk minum perunggu berdekorasi yang dikenal sebagai patera, wadah keramik berbentuk toples yang digunakan untuk memasak semur dan sup, termos anggur, dan amphora.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement