Ahad 27 Dec 2020 06:14 WIB

Cuci Sepatu dengan Mesin atau Manual, Mana yang Efektif?

Tidak semua sepatu olahraga dapat bertahan dalam siklus pembilasan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nidia Zuraya
Membersihkan sepatu (ilustrasi)
Foto: Reuters
Membersihkan sepatu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Sepatu mungkin menjadi bagian dari salah satu kehidupan manusia, sepatu terasa seperti menjadi teman yang menemani langkah kita ketika bekerja atau menjalani aktivitas lainnya. Jadi tidak mengherankan, jika banyak yang sangat berhati-hari merawatnya.

Apakah kita pernah melemparkan sepasang sepatu begitu saja ke dalam mesin cuci? Pasti banyak yang melakukan ini. Lalu timbul pertanyaan bagaimana cara mencuci sepatu kets di mesin cuci dengan cara yang benar?

Baca Juga

Hal pertama yang harus diketahui adalah tidak semua sepatu olahraga dapat bertahan dalam siklus pembilasan. “Sebagian besar produsen sepatu melarang mesin cuci sepatu kets, karena beberapa deterjen dan agitasi mesin dapat menyebabkan kerusakan, terutama pada perekat apapun (sol),” kata wakil presiden senior di American Cleaning Institute, Brian Sansoni.

Berikut cara membersihkan sepatu kets di mesin cuci agar terlihat baru:

Bersihkan semua lapisan yang kotor. Pakar perawatan sepatu, Jason Markk menyarankan agar sepatu disikat kering sebelum mencoba mencucinya dengan benar, terutama jika berbahan kanvas. Itu bisa membantu mengurangi kemungkinan kotoran noda yang menumpuk saat kita menambahkan air ke dalam campuran.

Sikat gigi bisa digunakan (begitu juga dengan menyatukan sepatu atau pada permukaan yang keras). Dekonstruksi sepatu kets kita. “Jika kita mencuci dengan mesin, lepas tali dan sisinya,” kata Sansoni.

“Tempatkan semuanya (tali, sisipan, sepatu kets) ke dalam bak cucian berjaring dan masukkan ke dalam cucian biasa,” kata Sansoni. Ini akan menyatukan semua bagian dan mencegah sepatu kets terlalu terbentur di dalam drum mesin. Gunakan siklus lembut dengan air dingin dan deterjen lembut (baik cair maupun bubuk).

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement