Ahad 27 Dec 2020 05:11 WIB

Manchester City Jinakkan Newcastle United 2-0

City membuat Newcastle harus bertahan total sepanjang pertandingan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Didi Purwadi
Pemain Manchester City, Ferran Torres, melakukan selebrasi usai menjebol gawang Newcastle United dalam laga Liga Primer Inggris pada Sabtu (26/12) malam waktu setempat.
Foto: EPA-EFE/Clive Brunskill
Pemain Manchester City, Ferran Torres, melakukan selebrasi usai menjebol gawang Newcastle United dalam laga Liga Primer Inggris pada Sabtu (26/12) malam waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester City menang 2-0 atas Newcastle United dalam pertandingan Boxing Day di Stadion Etihad, Manchester, Ahad (27/12) dini hari WIB. Dominasi City dalam laga tersebut membuat Newcastle harus bertahan total sepanjang pertandingan.

 

City langsung menguasai permainan sejak pluit tanda pertandingan dimulai ditiup oleh wasit. Penyerang City Ferran Torres beberapa kali membuat ancaman kepada pertahanan Newcastle. Pada menit ke-24, tembakannya nyaris menggandakan keunggulan tuan rumah.

photo
Manager Manchester City, Pep Guardiola, menilai gol dan kemenangan merupakan buah dari hasil kerja keras. - (EPA-EFE/NEIL HALL)

 

Tingginya tekanan yang dilakuan City membuat The Magpies harus bermain bertahan. Mereka hanya mengandalkan serangan balik untuk menciptakan peluang. Itu sebabnya Newcastle nyaris tak mendapatkan peluang bagus sepanjang pertandingan babak pertama.

Kevin de Bruyne merupakan pemain City yang aktif memberikan ancaman. Pergerakan dan kecepatannya sangat membahayakan pertahanan tim tamu. Pada menit ke-35, ia melakukan tembakan terukur namun masih belum menciptakan gol.

Dua menit berselang Raheem Sterling menciptakan peluang. Tetapi tembakan kaki kanannya masih gagal membuahkan gol.

photo
Pemain Manchester City, Ilkay Gundogan (kiri), melakukan selebrasi usai menjebol gawang Newcastle United dalam laga Liga Primer Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Sabtu (26/12). - (EPA-EFE/Dave Thompson )

 

Newcastle United mendapatkan peluang pada menit ke-41 melalui Joelinton. Namun, sundulannya tak berhasil menjebol gawang City.

Strategi bertahan yang dilakukan Newcastle cukup ampuh menghadang serangan City yang sangat agresif sehingga selamat dari hujan gol. Hingga babak pertama usai, City hanya unggul 1-0. 

Babak Kedua

City tak mengendorkan serangan pada babak kedua. Tetap dengan formasi pemain yang tak berubah, City terus menekan pertahanan Newcastle. Sedangkan pasukan Steve Bruce belum bisa keluar dari tekanan dan harus bermain bertahan.

Pada lima menit pertama babak kedua, Raheem Sterling bersama Bernardo Silva dan John Stones membuat peluang bagus. Namun ketiga peluang dari tiga pemain tersebut gagal menciptakan gol. Percobaan Rodrigo juga berhasil diblok.

City akhirnya berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-55 melalui Ferran Torres. Tembakannya membuat bola mengarah ke sudut kanan bawah gawang yang tak bisa dijangkau oleh kiper Newcastle. Meski sudah unggul dua gol, City tak mengendorkan serangan.

Pep Guardiola harus menarik Rodrigo keluar lapangan dan digantikan Fernandinho karena cedera. Keberadaan pemain internasional Brazil itu membuat lini tengah City semakin kokoh. Sergio Aguero juga dimasukkan menggantikan Torres.

photo
Pemain Manchester City, Ferran Torres, melakukan selebrasi usai menjebol gawang Newcastle United dalam laga Liga Primer Inggris pada Sabtu (26/12) malam waktu setempat. - (EPA-EFE/Clive Brunskill )

 

Newcastle juga melakukan beberapa pergantian yaitu Jamal Lewis menggantikan Matt Ritchie dan Andy Carrol menggantikan Joelinton. Masuknya Carrol cukup membuat lini depan Newcastle sedikt berbahaya.

Tubuhnya yang jangkung membuat Carrol sering unggul dalam bola-bola atas. Mantan pemain Liverpool itu nyaris mencetak gol pada menit ke-79 lewat sundulan. Hingga pertandingan usai, tak ada lagi gol tercipta sehingga berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan City. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement