Ahad 27 Dec 2020 04:40 WIB

Urus Sektor Parekraf, Sandi: Urat Pesimis Saya Sudah Putus

Perlu ada inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dalam menangani dampak pandemi Covid-19.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Agus Yulianto
 Sandiaga Uno
Foto: AP
Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, optimistis dapat mempercepat pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) yang terpukul akibat tekanan pandemi Covid-19. Dia mengatakan, perlu ada inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dalam menangani dampak pandemi Covid-19.

"Urat pesimis saya sudah putus, saya optimistis sekali dapat membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lewat kerja sama semua pihak," kata Sandiaga saat berdialog bersama kepala dinas pariwisata daerah secara virtual, Sabtu (26/12).

Sandiaga mengaku, telah bertemu dengan banyak masyarakat yang menjadi pelaku usaha di sektor formal maupun informal yang bergerak dalam bidang parekraf. Menurut dia, meski dihadapkan pada situasi yang sangat berat, masyarakat sangat optimis bisa bertahan melalui pandemi yang menurunkan kegiatan ekonomi secara drastis.

Oleh karena itu, Sandiaga mengatakan, Kemenparekraf harus menjadi fasilitator bagi masyarakat untuk kembali memulihkan usahanya setelah tertekan selama berbulan bulan. "Parekraf harus menjadi lokomotif untuk penciptaan lapangan kerja, sekitar 30 juta pelaku UMKM saat ini sangat terdampak dan harus segera dibantu," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement